PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS “KERAGAMAN SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, ETNIS DAN AGAMA”

Sulhan Sulhan

Abstract


Pada Dasarnya Pembelajaran IPS pada kelas bawah khususnya di SDN Candiwatu pacet Kab. Mojokerto tidaklah mudah karena standar kompetensi dan kompetensi dasarnya saratakan materi, disamping itu cakupannya luas dan perlu hafalan.Tujuan dalam penelitian ini ialah :“ Meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa kelas IV SD N Candiwatu, Pacet pada materi menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. Model Jigsaw merupakan model pembelajaran dimana langkah-langkahnya yaitu (1) Siswa dibagi atas beberapa kelompok (tiap kelompok anggotanya 5-6 orang), (2) materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam bentukteks yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sub bab, (3) setiap anggotakelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggungjawab untuk mempelajarinya, (4) anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikannya, (5) setiap anggota kelompok ahli setelah kembali ke kelompoknya bertugas mengajar teman-temannya, (6) pada pertemuan dan diskusi kelompok asal, siswa-siswa dikenai tagihan kuis berupa LKS.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan datadari kedua siklus berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre test 40, 47 danketuntasan klasikal 22%. Rata-rata Siklus I 62, 39. Ketuntasan klasikal 57% aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan prosentase keterampilan guru sebesar 66% dalam kategori cukup. Pada Siklus II rata-rata kelas 73, 91. Ketuntasan klasikal 83% aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan prosentase keterampilan guru sebesar 84% dalam kategori baik. Simpulan penelitian ini ialah hasil belajar IPS dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa kelas IV SDN Candiwatu Pacet Kab. Mojokerto mengalami peningkatan. Berpijak dari penelitian ini, peneliti menyarankan: guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan baik sehingga hasil belajar dan keterampilan siswa dapat meningkat. Siswa menumbuhkan semangat kerjasama siswa, keterlibatan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, peduli pada teman-temannya, meningkatkan rasa penerimaan siswa terhadap orang lain, dan saling membantu dalam belajar. Peneliti perlu mengadakan penelitian lanjutan sebagai pengembangan dari penelitian ini pada mata pelajaran yang lain dengan model pembelajaran Jigsaw.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model jigsaw

Full Text:

PDF

References


Ashari. Didik Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Pengaruh Gaya terhadap Gerak Benda pada Siswa Kelas IV-A SDI Al-Munawwar Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. Tulungagung: t.p. Aqib, Zainal, (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Untuk : Guru. Bandung: Yrama Widia.

Desvita. Evanis. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Dalam http://evanisirva.blogspot.com/2012/06/pembelajarankooperatifmodel.ht ml. di akses pada tanggal 20 februari 2016. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Evairawati. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa kelas XI IPA1 SMAN 5 Pare-pare. Tesis tidak diterbitakan. Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar.

Hamalik (2014:49) mendifinisikan hasil belajar sebagai tingkat penguasaan yang di capai oleh pelajar dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. Hasan. Muhammad Tholchah. et. all. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang. Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suprijono, Agus, 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irham, Irham, Yusminah Hala, dan Alimuddin Ali. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bulukumba. UNM Journal of Biological Education Volume 1 Nomor 1 Hal. 87-98. Tersedia Pada: https://ojs.unm.ac.id/UJBE/article/view/5638.

Jihad dan Haris (2012:14) Pengertian hasil belajar merupakan pencapaian bentuk perubahan perilaku yang cenderung menetap dari ranah kognitif,efektif dan psikomotik dari proses belajar yang dilakukan dalam waktu tertentu.

Mudjiono (2019:3), “Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar.”.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraheni (2012) yang menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw saja.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi ke-2. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sedangkan Menurut Sudijarto (2013) dalam (Khodijah, 2014:189), “Hasil belajar adalah tingkat.

Susanto (2013:5) hasil belajar diartikan tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran disekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil test mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu.

Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R & D. Kartasura: Fairus Media.

Syarifuddin, Ahmad. 2011. Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran. TA’DIB, Vol. XVI, No. 02, Hal. 209-226. Tersedia Pada: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/61/56.

Trianto. 2011 Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasikonstruktivistik. Jakarta : Prestasi PustakaTrianto.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.