PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION

Authors

  • ngatinah ngatinah SD 2 Mlati Lor Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23965

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar, problem based instruction

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV secara klasikal belum mencapai nilai di atas KKM 75. Dari 29 siswa kelas IV, ada 17 siswa (58,62%) yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara ada 12 siswa (41,38%) masih di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah melalui model problem based instruction dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor?, 2) Apakah melalui model problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi globalisasi melalui model problem based instruction pada siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor Kudus.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 14,93 dengan persentase 74,65% (sedang), siklus II meningkat menjadi 18,10 dengan persentase 90,52% (sangat tinggi). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas 78,97 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 75,86%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa 84,66 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,66%. Simpulan penelitian yaitu penerapan model problem based instruction terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor Kecamatan Kota Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.  

References

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti. BSNP

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: PRESTASI PUSTAKA

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

ngatinah, ngatinah. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION. Journal of Education Action Research, 4(1), 117–124. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23965