PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION

Authors

  • Solikhatun Solikhatun SD 1 Prambatan Lor Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23968

Keywords:

aktivitas dan hasil belajar, team accelerated instruction

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi melalui model pembelajaran team accelerated instruction pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus.

Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,43 dengan persentase 72,36% (sedang), siklus II meningkat menjadi 24,98 dengan persentase 89,10% (sangat tinggi). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas 77,86 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,43%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa 85 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85,71%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team accelerated instruction terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor Kecamatan Kaliwungu Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode Teknik Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumantri, Mulyani dkk. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Yusron, N. 2010. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Solikhatun, S. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION. Journal of Education Action Research, 4(1), 125–131. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23968