PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23968Keywords:
aktivitas dan hasil belajar, team accelerated instructionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi melalui model pembelajaran team accelerated instruction pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,43 dengan persentase 72,36% (sedang), siklus II meningkat menjadi 24,98 dengan persentase 89,10% (sangat tinggi). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas 77,86 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,43%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa 85 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85,71%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team accelerated instruction terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor Kecamatan Kaliwungu Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.References
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode Teknik Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumantri, Mulyani dkk. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Yusron, N. 2010. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.