Penggunaan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Gusti Ngurah Alit Ardana

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX H di SMP Negeri 1 Gianyar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Gianyar yang berjumlah 39 orang dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 67,94, siklus I meningkat menjadi 74,61 pada siklus II menjadi 83,58. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 41,02%, pada siklus I meningkat menjadi 61,53% dan pada siklus II menjadi 92,30%.

Keywords


Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ekawati, Risma, dkk. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Volume 1 Nomor 3.

Irawadi, Made Hela. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kelas XII AP I SMK Negeri 1 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Volume 3 Nomor 1.

Uno, H. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.24783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.