Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • I Wayan Balik SMP Negeri 1 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24784

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Metode Bimbingan Individu Dan Kelompok, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Gianyar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan metode bimbingan individu dan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Gianyar yang berjumlah 36 orang dalam mata pelajaran Matematika. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan metode bimbingan individu dan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 67,22, siklus I meningkat menjadi 75,00 pada siklus II menjadi 83,33. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 19,44%, pada siklus I meningkat menjadi 52,77% dan pada siklus II menjadi 94,44%.

References

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Budiadnya, Made. 2004. Ujicoba Model Pembelajaran Generatif dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 5 Singaraja. Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Degeng, I.N.S. 2000. Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Citra Raya: Surabaya.

Ronawati. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 3 Tambun Tolitoli. Jurnal Kreatif Taduloko Online Vol. 4 No. 1 ISSN 2354-614X

Sirait, Torang. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMP Negeri 1 Pematang Siantar. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 21 No 2.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Balik, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 4(2), 145–152. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24784

Issue

Section

Artikel