MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENYANYI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE

Ni Wayan Sriani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di TK Swadharma Sastra 1 Lebih di kelompok B1 yang kemampuan siswanya dalam pelajara Menyanyi masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan prestasi belajar menyanyi siswa kelompok B1 TK Swadharma Sastra 1 Lebih. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 58,22, pada siklus I menjadi 64,83 dan pada siklus II menjadi 75,83. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan prestasi belajar Menyanyi siswa kelompok B1 TK Swadharma Sastra 1 Lebih.

 


Keywords


Model Pembelajaran Complete Sentence, Prestasi Belajar Menyanyi

Full Text:

PDF Untitled

References


Desi Cahya Rachmawati.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Sederhana Peserta Didik Tunarungu Kelas VII. Jurnal Ortopedagogia, Volume 1, Nomor 4, Juli 2015 http://journal.um.ac.id/index.php/jo/article/view/5233/1913.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Dwipayanti Agustini, Ketut Pudjawan, dan Ndara Tanggu Renda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Terhadap Hasil Belajar IPS. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/11037/7088

Elin Fitriani, Rustopo, dan Mei Fita Asri Untari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 1, 2019. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17404/10468.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning.Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Good, Thomas L. & Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology, A Realistic Approach. New York: Longman.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2006. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: McGraw-Hill, Inc.

Lickona, Thomas. 1992. Educating For Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Matsum. 2016. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Complete Sentence di Kelas V SDN 053979 Kepala Sungai. Jurnal ESJ Volume 7, NO. 1, Juni 2017.

Miles, Matthew, B. Dan A. Michael Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Roheadi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hlm. 464-468. Tersedia Pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Popham, W. James dan Eva L. Baker. 1984. Bagaimana Mengajar Secara Sistematis. Diterjemahkan Oleh R.H. Dj. Sinurat et al. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.24804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.