Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Ni Nyoman Putriasih SD Negeri 1 Banyuning

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Keywords:

Supervisi Klinis, Tri Hita Karana (THK)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang  terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkan Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK). Subjek penelitian ini adalah seluruh Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini  menggunakan  metode  observasi untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian  dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I Hasil Kinerja guru adalah pada perencanaan mencapai 74,0, pelaksanaan 73,5 dan pada penilaian mencapai 74,9. Pada siklus II hasil penelitian meningkat menjadi : pada perencanaan 87,3, pelaksanaan 88,1 dan pada penilaian mencapai 88,0. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) dapat Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018018.

 

References

Agastia, I.B.G. 2007. Mengkritisi impelemtasi tri hita karana. Warta Hindu Dharma, 491, 40-41.

Agung, A. A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Suatu Pengantar. Singaraja: FIP Undiksha Singaraja.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bolla J.I. 1985. Supervisi Klinis. Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: P3TK.

Dantes. Nyoman. 2009. Beberapa Rujukan Skenario Pembelajaran Berbasis Student Center Learning. Tersedia pada http://nyomandantes.wordpress.com. diunduh pada tanggal 15 Agustus 2012.

Dantes. Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hoy W.K, Forsyth P.B. 1986. Effective Supervision,Theory into Practice. New York: Random House, Inc.

La Sulo S.L, Effendi A.R, Godjali D. 1994. Supervisi Klinis. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.

Mua, Estelle Lilian. 2011. Pengaruh Pelatihan Supervisi Klinis Kepala Ruangan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Woodward Palu. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyasa.E.. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan;Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sergiovanni T.J. 1982. Supervision of Teaching. Yearbook Committee, Copyright by The Association for Supervision and Curiculum Development.

Sudiana Gusti, I Putu. 2006. Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dan Guru-Guru SD Nomor 1 Panji Anom Melalui Supervisi Klinis Dengan Empati. Disdik Kabupaten Buleleng (tidak diterbitkan).

Sudira P. 2011. Praksis tri hita karana dalam struktur dan kultur pendidikan karakter kejuruan pada SMK di Bali: Jurnal Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudira P. 2012a. Pendidikan Kejuruan Dan Vokasi Berbasis Tri Hita Karana: Proseding Kongres Pendidikan dan Pengajaran UGM.

Sudira P. 2012b. SMK Kearifan Lokal Tri Hita Karana. Jurnal ADGVI. Vol. 2 No. 2: Program Pascasarjana UNY.

Sudira P. 2013a. “Tri Hita Karana” and the Morality of Sustainable Vocational Education: Proceeding International Seminar The 8th Asia Pacific Network for Moral Education, Yogyakarta State University, Indonesia.

Sudira P. 2013b. Indigenous Wisdom Tri Hita Karana dan Pengembangan SDI Melalui SMK: Proseding LPPM UNY.

Sunendra, Nyoman. 2012. Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP berorientasi Permendiknas No. 41 Tahun 2007 Melalui Pelatihan Supervisi Klinis Pada Para Guru SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Tesis. Singaraja: Undiksha.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wastika, D.N. 2005. Penerapan Konsep Tri Hita Karana Dalam Perencanaan Perumahan di Bali. Jurnal Permukiman Natah. Vol. 3 No. 2, 62 – 105.

Wirawan Purba,Made. 2010. Peningkatan Kinerja Guru Kelas I Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis Pada Gugus IV Kecamatan Kubutambahan. Jurnal Pendidikan Kerta Mandala. Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Volume 3, No. 003, Oktober 2010, hal 73.

Downloads

Published

2020-05-16

How to Cite

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Issue

Section

Artikel