PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blahbatuh di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPS cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Blahbatuh. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Blahbatuh. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,74, pada siklus I menjadi 74,03 dan pada siklus II menjadi 81,45. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Blahbatuh Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes press.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa. Departemen Pendidikan Nasional.
Ayuwanti, Irma . Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016
Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.
Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.
Good, Thomas L. & Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology, A Realistic Approach. New York: Longman.
Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.
Kurino, Yeni Dwi. 2018. Model Giving Question and Getting AnswerUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics Vol. 1 No. 1, 2018 hal. 34-39.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003
Wijayanti, Sukriyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Ekutvalen Pendidikan Matematika Volume 12 Nomor 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.25004
Article Metrics
Abstract view : 230 timesPDF file view : 137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Educational Action Research is published by:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com
Phone: 081805611217
Journal of Educatioan Action Research indexed by:

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.