PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25017Keywords:
Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Prestasi Belajar PPKnAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Blahbatuh di Kelas VII C yang kemampuan siswanya dalam mata pelajara PPKn masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,05, pada siklus I menjadi 73.33 dan pada siklus II menjadi 80,69. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Blahbatuh Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Ayuwanti, Irma . 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.
Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.
Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2006. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: McGraw-Hill, Inc.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Manik, Kardi dan Abdul Gafur. 2016. Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal pendidikan IPS Volume 3 Nomor 1.
Miles, Matthew, B. Dan A. Michael Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Roheadi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.
Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.
Popham, W. James dan Eva L. Baker. 1984. Bagaimana Mengajar Secara Sistematis. Diterjemahkan Oleh R.H. Dj. Sinurat et al. Yogyakarta: Kanisius.
Sirait, Erlando Doni . 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika . Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016
Suhaida, Dada dan Nur Fitri Jayanti. 2017. Penerapan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 4, No. 1, Juni 2017.
Yuzarion . 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik . Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2017.