Penerapan Metode Discovery Learning dengan Pendekatan Adiksimba untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Elly Kristini SMP Negeri 5 Melaya, Jembrana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.33109

Keywords:

AdikSimba, Discovery Learning, Penilaian Tindakan Kelas, Probing Question, 5W1H

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada keaktivan siswa dan pemahaman siswa. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas salah satu metode pembelajaran yaitu penerapan metode Discovery Learning dengan pendekatan teknik AdikSimba untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa dan output hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Korelasi antara ketrampilan bertanya siswa dengan nilai belajar siswa dianalisis dengan analisis statistic bivarat. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi positif antara frekuensi bertanya dengan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan rerata skor hasil belajar siswa dari 65.72 (Prasiklus), menjadi 70.76 (Siklus I), dan 81.24 (Siklus II). Terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata skor hasil belajar siswa pada siklus II dibandingkan dengan prasiklus atau siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan AdikSimba mampu meningkatkan ketrampilan bertanya siswa dan menghasilkan output berupa peningkatan skor belajar siswa.

References

Bonfield, C. A., Salter, M., Longmuir, A., Benson, M., & Adachi, C. (2020). Transformation or evolution?: Education 4.0, teaching and learning in the digital age. Higher Education Pedagogies, 5(1), 223–246. https://doi.org/10.1080/23752696.2020.1816847.

Chase, K., & Abrahamson, D. (2018). Searching for buried treasure: uncovering discovery in discovery-based learning. Instructional Science, 46(1), 11–33. https://doi.org/10.1007/s11251-017-9433-1.

Dahlia, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Menulis Peristiwa Menggunakan Aspek 5W+1H. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1049.

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399.

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400.

Geisinger, K. F. (2016). 21st Century Skills: What Are They and How Do We Assess Them? Applied Measurement in Education, 29(4), 245–249. https://doi.org/10.1080/08957347.2016.1209207.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1–16. https://doi.org/10.17478/jegys.574275.

Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI Di Era Industri 4.0. Tatsqif Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159.

Hideyuki, K., & Barry, D. M. (2016). STEM and ICT Education in Intelligent Environments. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19234-5.

Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209 P-ISSN

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25.

Kristini, E. (2020). Pembelajaran Berbasis Literasi Berbantuan Media Tik dengan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa. Mimbar Ilmu, 25(3), 495–508. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28376.

Kulsum, U., & Munib, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Question (Ppq) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Kelas Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9479.

Lapoule, P., & Lynch, R. (2018). The case study method: exploring the link between teaching and research. Journal of Higher Education Policy and Management, 40(5), 485–500. https://doi.org/10.1080/1360080X.2018.1496515.

Mahanal, S., & Siti Zubaidah. (2017). Model Pembelajaran Ricosre Yang Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan, 2(5), 676–685. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9180.

Nurazizah, A., Hartati, T., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 22–34. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22902.

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç. K. (2018). Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253–1261. https://doi.org/10.29333/ejmste/82536.

Priyanto, A. S., Suhardiyanto, A., & Wijiastuti, I. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pendekatan Adik Simba Berbasis Gerai Informasi. Integralistik, XXIX(2), 20–31. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16698.

Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip98.

Ratnayanti, N. M. D., Jampel, I. N., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Metode Journalist Question ( 5W 1H ) Berbantuan Media Foto Pribadi Untuk Meningkatkan. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7004.

Rismayani, N. L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.405.

Sastra, E., Yogica, R., & Syamsurizal, R. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus Di SMA Adabiah Padang. Bioilmi, 6(1), 28–38. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i1.5059.

Setyoningrum, D. U., Astuti, R. S., Si, M., & Diponegoro, U. (2020). Melalui Upaya Pemanfaatan Bonus Demografi (Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan Era 4.0). Prosiding Simposium Nasional, 1291–1319. https://doi.org/10.22219/PSNIP.Vol0.No0.III%7C1291-1319.

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966.

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.

Tetu, F., Simpen, I. W., & Sutama, P. (2019). Penerapan Strategi Pq4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas V Menggunakan Media Teks Cerita Rakyat Rongga Pada Sekolah Dasar Katolik Pau Ndoa Kota Komba, Manggarai Timur. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 26(1), 54. https://doi.org/10.24843/ling.2019.v26.i01.p07.

Wang, A. H., Huang, I., Hwang, G., Wang, H., Huang, I., & Hwang, G. (2017). International Forum of Educational Technology & Society Effects of a Question Prompt-based Concept Mapping Approach on Students ’ Learning Achievements , Attitudes and 5C Competences in Project-based Computer Course Activities. Educational Technology and Society, 19(3), 351–364. https://doi.org/https://www.jstor.org/stable/10.2307/jeductechsoci.19.3.351.

Wijayati, N., Kusuma, E., & Sumarti, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital Di Jurusan Kimia Fmipa Unnes. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2318–2325. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17906.

Wirta, I. K. (2020). Pembelajaran Inquiry dengan Optimalisasi Pertanyaan 5w+1h Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 104. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24400.

Yang, X. (2020). The Art of Questioning in English Classroom in Junior Middle School. Journal of Language Teaching and Research, 11(5), 815. https://doi.org/10.17507/jltr.1105.18.

Downloads

Published

2021-05-22

How to Cite

Kristini, E. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning dengan Pendekatan Adiksimba untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Education Action Research, 5(3), 309–317. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.33109