Penerapan Metode Discovery Learning Dengan Pendekatan Adiksimba Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Elly Kristini

Abstract


Keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada keaktivan siswa dan pemahaman siswa. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas salah satu metode pembelajaran yaitu penerapan metode Discovery Learning dengan pendekatan teknik AdikSimba untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa dan output hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Korelasi antara ketrampilan bertanya siswa dengan nilai belajar siswa dianalisis dengan analisis statistic bivarat. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi positif antara frekuensi bertanya dengan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan rerata skor hasil belajar siswa dari 65.72 (Prasiklus), menjadi 70.76 (Siklus I), dan 81.24 (Siklus II). Terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata skor hasil belajar siswa pada siklus II dibandingkan dengan prasiklus atau siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan AdikSimba mampu meningkatkan ketrampilan bertanya siswa dan menghasilkan output berupa peningkatan skor belajar siswa.


Keywords


AdikSimba; Discovery Learning; Penilaian Tindakan Kelas; Probing Question; 5W1H

References


Curtis, G. 2017. The Impact of Teacher Efficacy and Beliefs on Writing Instruction. In Delta Kappa Gamma Bulletin. Jilid 84

Darling-Hammond, L. 2017. Teacher education around the world: What can we learn from international practice?. European Journal of Teacher Education. Jilid 40, No.3.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Geisinger, K. F. 2016. 21st Century Skills: What Are They and How Do We Assess Them?. Applied Measurement in Education. Jilid 29, No. 4.

Harto, K. 2018. Tantangan Dosen PTKI Di Era Industri 4.0. Tatsqif Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan. Jilid 16, No. 1.

Hergenhahn, B. R. 2008. Theories of Learning. Jakarta: Prenada Media.

Hideyuki, K., & Barry, D. M. 2016. STEM and ICT Education in Intelligent Environments. Switzerland: Springer International Publishing.

Junaedi, D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio. Jilid 6, No. 1.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Jilid 2, No. 1

Kristini, E. 2020. Pembelajaran Berbasis Literasi Berbantuan Media Tik dengan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa. Mimbar Ilmu. Jilid 25, No. 3.

Kulsum, U., & Munib, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing Question (Ppq) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Kelas Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). Jilid 4, No. 1.

Mahanal, S., & Siti Zubaidah. 2017. Model Pembelajaran Ricosre Yang Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan. Jilid 2, No.5.

Nurazizah, A., Hartati, T., & Nuryani, P. 2019. Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jilid 4, No.3.

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç. K. 2018. Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Jilid 14, No. 4 .

Priyanto, A. S., Suhardiyanto, A., & Wijiastuti, I. 2018. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pendekatan Adik Simba Berbasis Gerai Informasi. Integralistik. Jilid XXIX, No. 2.

Rahman, M. H. 2017. Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies. Jilid 4, No. 2.

Ratnayanti, N. M. D., Jampel, I. N., & Sudana, D. N. 2016. Penerapan Metode Journalist Question ( 5W 1H ) Berbantuan Media Foto Pribadi Untuk Meningkatkan. Mimbar PGSD Undiksha. Jilid 4, No. 1.

Rismayani, N. L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Jilid 1, No.2.

Sahin, A. 2015. The Effects of Quantity and Quality of Teachers’ Probing and Guiding Questions on Student Performance. Sakarya University Journal of Education. Jilid 5, No.1.

Sastra, E., Yogica, R., & Syamsurizal, R. D. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus Di SMA Adabiah Padang. Bioilmi. Jilid 6, No.1.

Setyoningrum, D. U., Astuti, R. S., Si, M., & Diponegoro, U. 2020. Menyiapkan Sumber Daya Manusia Unggul Melalui Upaya Pemanfaatan Bonus Demografi Indonesia. Makalah disajikan dalam Prosiding Simposium Nasional Tantangan Penyelenggaran Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0.

Suharsimi, A., & Suhardjono, S. 2006. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal

Keilmuan PKn. Jilid 5, No.1.

Wang, A. H., Huang, I., Hwang, G., Wang, H., Huang, I., & Hwang, G. 2017. International Forum of Educational Technology & Society Effects of a Question Prompt-based Concept Mapping Approach on Students ’ Learning Achievements , Attitudes and 5C Competences in Project-based Computer Course Activities Published by : International. Educational Technology and Society. Jilid 19, No. 3.

Wirta, I. K. 2020. Pembelajaran Inquiry dengan Optimalisasi Pertanyaan 5w+1h Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. Jilid 3, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.33109

Article Metrics

Abstract view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.