UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS 5 SD

Dimas Anjar Kisworo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) apakah peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas 5 SD dapat diupayakan melalui pendekatan Problem Based Learning. b) bagaimanakah langkah-langkah pendekatan Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar tematik Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan. Model PTK yang digunakan adalah spiral dari C. Kemmis & Mc Taggart terdiri 3 tahap yakni, 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas 5 SDN Gendongan 01 Salatiga pada tahun akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang digunakan adalah butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ditunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar prasiklus sebesar 76,46 dengan persentase ketuntasan 59,38% dan siklus 1 sebesar 85,03 dengan persentase ketuntasan 68,75% dan terus meningkat rata-rata pada siklus 2 sebesar 87,49 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Di samping itu, uji t sebesar 5,328 artinya terdapat perbedaan selisih rata-rata antara prasiklus dan siklus 1 sebesar 8,57. Signifikansi 5% sebesar 0,000 yang berarti perbedaan rata-rata hasil belajar bermakna. Uji t prasiklus dengan siklus 2 dengan hasil 5,328 semakin meningkat pada rata-rata hasil belajar sebesar 11,03 dengan nilai signifikansi 5% adalah 0,000 yang berarti perbedaan rata-rata hasil belajar bermakna. Pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan langkah-langkah pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan.


Keywords


Problem Based Learning, hasil belajar, pembelajaran tematik

References


Arends, Richard I. 2008, Learning To Teach, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 205-218.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 55-65.

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 234-242.

Eggen, Paul Don Kouchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Hamdayana, Jumanta (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ciawi-Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 23 Tentang Standar Penilaian.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Prasetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SDN Gendongan 02. Cahaya Pendidikan, 5(2), 1-12.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif .Yogyakarta: DIVA Press.

Putri, R. H., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Mind Mapping. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 87-101.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Susilowati, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 243-255.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, N. S. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.33780

Article Metrics

Abstract view : 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.