Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.33780Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran TematikAbstract
Pembelajaran tematik merupakan kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memaksimalkan peran siswa dalam proses belajar, hanya saja dalam pengimplemtasiannya proses pembelajaran tematik cenderung berfokus pada guru, yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas 5 SD dapat diupayakan melalui pendekatan Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap yakni, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas 5 SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang digunakan adalah butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ditunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar prasiklus sebesar 76,46 dengan persentase ketuntasan 59,38% dan siklus 1 sebesar 85,03 dengan persentase ketuntasan 68,75% dan terus meningkat rata-rata pada siklus 2 sebesar 87,49 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Di samping itu, uji t sebesar 5,328 artinya terdapat perbedaan selisih rata-rata antara prasiklus dan siklus 1 sebesar 8,57. Signifikansi 5% sebesar 0,000 yang berarti perbedaan rata-rata hasil belajar bermakna. Uji t prasiklus dengan siklus 2 dengan hasil 5,328 semakin meningkat pada rata-rata hasil belajar sebesar 11,03 dengan nilai signifikansi 5% adalah 0,000 yang berarti perbedaan rata-rata hasil belajar bermakna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas 5 Sekolah Dasar.
References
Ainin, M. (2017). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Dalam Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajaran, 45(2), 197–207. https://doi.org/ 10.17977/um015v45i22017p197.
Aji, W., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas IV SD N Tingkir Tengah 02. Jurnal Basicedu, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70.
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(23), 11–21.
Chanifah, M., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.31004 /basicedu.v3i1.96.
Dewi, N. P. F., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Pembelajaran Tema 8 Subtema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Diperbantukan Media 3D Watercycle Pada Siswa Kelas V SD N Tumbrep 01. Jurnal Basicedu, 2(1), 299–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.6.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/ jm.v3i2.694.
Enjoni, E., & Febriyanto, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 64–76. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.60.
Gultom, M., & Adam, D. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Di MTs Negeri Rantauprapat. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi, 4(2), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i2.1595. .
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Herfina, H., B, A., & Kaimudin, L. O. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V SDN 17 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 10. https://doi.org/10.36709/jipsd. v2i2.13881.
Kenedi, A. K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Dengan Menerapkan Strategi Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD, 1(1). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.285.
Muhith, A. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di Min III Bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45–61. http://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIT /article/view/23.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568 /naturalistic.v3i1.268.
Prasetyo, I. B. (2018). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 8 Subtema 1 Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15028.
Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Asri Hardini, A. T. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 367–375. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406.
Purwaningsih, S. (2019). UPAYA Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengunakan Metode Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 36 Cakranegara. Media Bina Ilmiah, 14(4), 2443. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.355.
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pres.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/ 10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69.
Setiowati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Daur Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/ 10.30595/dinamika.v10i1.3879.
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020). Implementasi problem based-learning (pbl) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI.
Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00.
Titik, S., Ika, H., & Wulandari, S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um009v26i22017p116.
Triwibowo, R., Badarudin, B., & Heru Muslim, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Kemandirian Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 7 Di Kelas V MIM 01 Sambong. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2922.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/ 1799.
Wardani, N. S. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Widya Sari Press.
Yanthi, Marhaeni, & Dantes. (2020). Analisis Tentang Cerita Anak Yang Bermuatan Sikap Dan Muatan Pembelajaran Terkait Dengan Tema Kayanya Negeriku Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Etnopedagogik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 112–122. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3524.