Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual

Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Paradigma terhadap pembelajaran matematika yang terkesan menyeramkan serta kurangnya kemampuan guru dalam memilih metode serta pendekatan pembelajaran yang tepat, berakibat pada rendahnya prestasi belajar matematika siswa sekolah menengah pertama. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tidakan kelas dengan jumlah subjek sebanyak 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan melalui dua kali pertemuan tatap muka. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yakni test prestasi belajar Matematika yang telah disusun pada bagian lampiran RPP dan untuk menganalisis data hasil penelitian menggunakan Metode analisis data deskriptif kuatitatif, dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosentase ketuntasan belajar klasikal. Perhitungan rata-rata prestasi belajar dan ketuntasan belajar klasikal setiap kali pertemuan dengan memanfaatkan rumus pada program aplikasi excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I terjadi peningkatan persetase dari 53,33% menjadi 60,00 %. Oleh karenan hasil penelitian siklus-1  belum memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian dilanjutkan pada siklus-2 dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terlihat pada siklus-1. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar matematika dengan persentase ketuntasan belajar menjadi 86,67 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa sekolah menengah pertama.


Keywords


Pendekatan Kontekstual; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/ article/view/3005/2208.

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347–358. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa .v9i2.748.

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696.

Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800.

Ayuningrum, Y., Supriyadi, & Darsono. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika. Joernal Concept And Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529.

Azmir, S., & Yolanda, N. S. (2021). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Operasi Bentuk Aljabar. Ekasakti Education Journal, 1(1), 16–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.165.

Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke-21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 127. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3103.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694.

Guntur, M., Aliyyatunnisa, A., & Kartono. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif , Kritis , dan Komunikasi Matematika Siswa dalam Academic-Contructive Controversy ( AC ). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 385–392. https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/prisma/ ISSN 2613-9189%0A.

Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772.

Isnaeni, I., Muhaemin, M., & Hasri, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Jurnal Prisma, 1(1), 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AMelatih.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/ lectura.v12i1.5813.

Nahdi, S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386.

Nurdiana, I. M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Latihan Keterampilan Yang Benar Untuk Meningkatkan Belajar Bahasa Indonesia Prestasi Siswa. Jurnal Suluh Pendidikan, 19(1), 99–112. https://doi.org/https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v19i1.240.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2), 40–49. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/ viewFile/2029/1571.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek. v1i1.416.

Santoso, K. B. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 174–179. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9213.

Saputri, W., Tiara, A., & Mawardi, M. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 104. https://doi.org/10.30659/ pendas.4.2.104-114.

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.

Sofia, E. M. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Peningkatkan Keterampilan Menulis Pendapat Pribadi. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 249–262. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4783.

Sugandi, A. I., & Benard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/2364/1916.

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364.

Suluh, M. (2018). Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.78.

Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict Observe Explanation. Jes-Mat (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 167. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.689.

Wasilati, A., Taruna, R. M., & Sugiyanto. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(14). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/download/16871/12031.

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.33857

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF file view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.