Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Contextual

Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-8SMP Negeri 2 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Terkait permasalahan yang ingin ditanggulangi dalam, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah subjek pada kelas tempat penelitiansebaanyak 30orang, selanjutnya peningkatan prestasi belajar diupayakan melalui penerapan pendekatan Contextual. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan melalui 2 (dua) kali pertemuan tatap muka. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yakni test prestasi belajar Matematika yang telah disusun pada bagian lampiran RPP dan untuk menganalisis data hasil penelitian menggunakan Metode analisis data deskriptif kuatitatif, dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosentase ketuntasan belajar klasikal. Perhitungan rata-rata prestasi belajar dan ketuntasan belajar klasikal setiap kali pertemuan dengan memanfaatkan rumus pada program aplikasi excel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dilihat dari hasil evaluasi postest yang telah dilakukan terjadi peningkatan prestasi belajar matematika, dimana data awal prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII-8 rata-rata 66,25dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal53,33%, terjadi peningkatan pada siklus-1dengan rata-ratanya prestasi belajar matematikan 69,93prosentase ketuntasan belajar klasikal 60,00 %. Oleh karenan hasil penelitian siklus-1ini belum memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian dilanjutkan pada siklus-2 dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terlihat pada siklus-1. Selanjutnya terjadi peningkatan prestasi belajar matematikadi siklus-2 menjadi 74,07 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal menjadi86,67 %. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Contextual dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 2 Singaraja Smester genap tahun pelajaran 2017/2018.


Keywords


Pendekatan Contextual, Prestasi Belajar

References


Arikunto, S. Suharjodo. Supardi (2006) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

A.M Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Blanchard, A. (2001). Contextual Teaching and Learning.(Online). Tersedia: http://www.horizonshelpr.org/ contextual/contextual.htm - 8k (17 Maret 2003).

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/pembelajaran-kontekstual/diunduh januari 2018

Johnson Elaine, B.2012. CTL – Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.

(NCTM), N. C. (2000). Princeples and Standards for School Mathematics. United States: NCTM.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka

Zahoric, john A. (1995), constructivist Teaching (Fastbac 390), Bloomington Indiana : Phi Delta Kappa Educationnal Foundation.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.33857

Article Metrics

Abstract view : 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.