Peningkatan Kinerja Guru Pkn dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Pembinaan Supervisi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34171Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Kinerja Guru PKN, Supervisi AkademikAbstract
Kinerja guru juga belum optimal, hal ini disebabkan kurangnya kemampuan dalam mengelola kelas, strategi pembelajaran, melaksanakan dan memanfaatkan penelitian tindakan kelas (PTK), kurangnya motivasi berprestasi, disiplin, rendahnya manajemen waktu dan komitmen profesi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Guru PKN dalam melaksanakan pembelajaran serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada tingkat yang lebih baik dari siklus ke siklus, melalui pembinaan dengan menerapkan supervisi akademik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan (action research) atau siklus sebanyak dua putaran atau dua siklus. Setiap putaran atau siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi/ tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes dokumentasi dan wawancara. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan kinerja guru pkn siklus I dengan nilai rata-rata = 6. Peningkatan kinerja guru PKN siklus II dengan nilai rata-rata = 7,2. Peningkatan hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata = 74, dan peningkatan hasil belajar siswa siklus II dengan nilai rata-rata = 79. Maka, penerapan supervisi akademik sebagai wahana pembinaan bagi guru PKn dapat meningkatkan kinerja guru PKn dalam melaksanakan pembelajaran, serta berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa.
References
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.
Arafat, Y., Fitria, H., Profesional, K., & Guru, K. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. 9(1).
Daniëls, E., Hondeghem, A., & Dochy, F. (2019). A review on leadership and leadership development in educational settings. Educational Research Review, 27(December 2018), 110–125. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.003.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.
Eliningsih. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Klinis. Journal Nuansa Akademik, 6(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690.
Fahmi, C. N., Nurliza, E., AR, M., & Usman, N. (2018). The Analysis of Supervision Perception at the Elementary School in Aceh Besar, Indonesia. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(8), 4937–4939. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i8.05.
Gabriella, P., & Tannady, H. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMAN 8 Bekasi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 121–124. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654.
Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes, 6(1), 1–8.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159.
Lestari, L. S., & Mayasarokh, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Raudhatul Athfal dan Regulasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru di PC Cilimus Kabupaten Kuningan. Jurnal Golden Age, 4(02), 251–261. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2620.
Pahlawanti, W. D., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School Principal Supervision and School Committee Participation on the Quality of Junior High School Education. International Journals of Sciences and High Technologies, 23(1), 324–333.
Patarai, I., Mustari, & Azis, M. (2018). Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional dan Tingkat Pendidikan terhadap KInerja Guru. Jurnal Mirai Management, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.1234/mirai.v3i2.269.
Piaw, C. Y., Hee, T. F., Ismail, N. R., & Ying, L. H. (2014). Factors of Leadership Skills of Secondary School Principals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 5125–5129. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1085.
Player, D., Youngs, P., Perrone, F., & Grogan, E. (2017). How principal leadership and person-job fit are associated with teacher mobility and attrition. Teaching and Teacher Education, 67, 330–339. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.017.
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758.
Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.
Puspitasari, Y., Tobari, & Kesumawati, N. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 88–99. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 11–20.
Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 114–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy.
Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874.
Sodiah, S., & Nurhikmah, E. (2017). Etika Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 163. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294.
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.
Supardi. (2014). Kontribusi Supervisi Kepala Madrasah, Iklim Kerja, dan Pemahaman Kurikulum terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(1), 59. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i1.133.
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017.
Syaputra, M. D., Makhdalen, & Sumarno. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 146–155.
Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23.
Zheng, Q., Li, L., Chen, H., & Loeb, S. (2017). What Aspects of Principal Leadership Are Most Highly Correlated With School Outcomes in China? Educational Administration Quarterly, 53(3), 409–447. https://doi.org/10.1177/0013161X17706152.