PENINGKATAN KINERJA GURU PKN DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI MIPA 2 SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 MENDOYO NEGARA MELALUI PEMBINAAN SUPERVISI AKADEMIK

I Komang Winata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Guru PKN dalam melaksanakan pembelajaran serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Mendoyo pada tingkat yang lebih baik dari siklus ke siklus, melalui pembinaan dengan menerapkan supervisi akademik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan (action research) atau siklus sebanyak dua putaran atau dua siklus. Setiap putaran atau siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Rancangan, 2) Pelaksanaan Kegiatan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi/ Tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara. Hasil yang dicapai dalam Penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kinerja guru PKN siklus I dengan nilai rata-rata = 6, 2) Peningkatan kinerja guru PKN siklus II dengan nilai rata-rata = 7,2, 3) Peningkatan hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata = 74, dan 4) Peningkatan hasil belajar siswa siklus II dengan nilai rata-rata = 79. Kesimpulan dari Penelitian Tidakan Sekolah ini adalah penerapan supervisi akademik sebagai wahana pembinaan bagi guru PKN dapat meningkatkan kinerja Guru PKN dalam melaksanakan pembelajaran, serta berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI, MIPA.2 Semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 2 Mendoyo secara signifikan.

 

 

 


Keywords


hasil belajar siswa, kinerja Guru PKN, supervisi akademik.

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah.Yogyakarta: DIVA Press.

Asmani, Jamal Ma'ruf. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Hadijaya, Yusuf. 2013. Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif. Medan: Perdana Publishing.

Lalupanda, Erfy Melany. 2019. Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 7 No 1.

Syamsul. 2019. Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar di SD Negeri 200217 Padangsidimpuan. Jurnal Nusantara Volume 6 No 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34171

Article Metrics

Abstract view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.