MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SEMESTER SATU SMK NEGERI 5 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rukiah Ali

Abstract


Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh Peneliti di SMK Negeri 5 Kota Ternate, tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI, dimana hasil yang dicapai oleh siswa belum mencapai nilai Standar KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 79 dan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PAI nampak kurang fokus. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Kota Ternate tahun pelajar 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, Pelaksanaan Kegiatan dan pengamatan, Observasi, dan Refleksi/Tindakan. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata hasil belajar pendidikan agama Islam siklus I adalah 79, dan 2) hasil belajar pendidikan agama Islam siklus II adalah 83. Simpulan dari penelitian ini adalah “hasil belajar pendidikan agama islam materi Q.S Yunus/10:40-41 dan QS Al Maidah /5:32 secara signifikan dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI semester satu SMK Negeri 5 Kota Ternate tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Hasil Belajar Pendidikan Agama Islan, Materi Q,S Yunus/10: 40-41 dan Qsal-Maidah 15:32, Model Discovery Learning .


References


Ali, M dan Asrori, M. 2015. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Kasara.

Carin and Sund. 1993. Teaching Modern Science. Columbus: Charles E. Merill. Publishing Co.

Gunaawan. 2012. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Lilis, Rodiawati. 2015. Perbandingan Koneksi Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Knisley. Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, vol.3, No.2, pp. 549.

Markaban. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombok.

Paul, Suparno. 2007. Metode Pembelajaran Fisika (Konstruktivisme dan Menyenangkan.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Rutongga, Rudi. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 Agustus2017: 195-207 ISSN. 2549-0591

Setyowati, Endah, dkk. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07. Jurnal Sains & Teknologi Volume 1 Nomor 1.

Suhardjono. Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34957

Article Metrics

Abstract view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.