Metode “My Trip My Adventure” untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kalimat Poster
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36154Keywords:
Keterampilan, Kalimat Poster, Metode My Trip My AdventureAbstract
Poster merupakan salah satu bentuk iklan atau reklame yang dibuat semnarik mungkin dengan menggunakan kalimat efektif dan gambar yang bervariasi. Namun pada proses pembelajaran membuat poster tidak semua siswa mampu membuat poster dengan baik karena kurangnya daya imajinasi yang dimiliki siswa. Sehingga berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kemampuan menyusun kalimat poster dengan metode “My Trip My Adventure” Siswa Kelas XII Multimedia 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yakni prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni sebanyak 31 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrument tes yang kemudian diolah dengan menggunakan teknik deskriptif analitik dan deskripsi persentase. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus rata-rata hasil pembuatan poster siswa hanya 66,12 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71,61, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,58. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa model “my trip my adventure” efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis poster.
References
Abidin, Z., & Jayanti, R. N. (2019). Dampak Tayangan Televisi Pada Kualitas Belajar Remaja. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 121–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.5020.
Adelia, & Irma, C. N. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Poster Aksi Unjuk Rasa RUU KUHP Dan RUU KPK Di Media Massa Online. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 13–20.
Bakhtiyar, & Hidayah, mas R. (2020). Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Program Tayangan Televisi Dalam Perspektif Sosiologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Elpia, N., & Saridewi. (2020). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Poster. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1419–1424. https://doi.org/10. 31004/jptam.v4i2.607.
Filisyamala, J. (2018). Pengaruh Media Televisi untuk Mengembangkan Kosakata Anak. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 253–259. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.180.
Hani, N., Egar, N., & Harjito. (2017). Penggunaan Meme Komik Dalam Pembelajaran Menulis Poster Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Untuk MTs. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/teks.v2i1.2774.
Indriani, M. S., Artawan, G., & Antari, N. P. V. (2019). Analisis Poster Hasil Kreativitas Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singaraja Dari Aspek Bahasa Dan Isi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 4743(1), 174–183. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20386.
Murti, P. K. A., Surastina, & Rohana. (2019). Kemampuan Menulis Poster Berdasarkan Konteks Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP NEGERI 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1–20. http://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/254.
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, 306–319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151.
Rachman, rizki nurpiana. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “ Cermin Kehidupan Trans 7 .” Jurnal Diksatrasia, 1(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ diksatrasia/article/view/127.
Reynhat, M., Gusar, S., & Irene, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Berbasis Acara Televisi “Jika Aku Menjadi” Trans TV. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 205–211. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i3.1300.
Subakti, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Slogan Dan Poster Dengan Pendekatan Proses Siswa Kelas Viii Smp Syaichona Cholil Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2).
Susanti, K., & Raharja, D. M. (2017). Strategi Komunikasi Pada Poster Film Cin(T)A Sebagai Daya Tarik. Jurnal Desain, 4(2). http://dx.doi.org/10.30998/ jurnaldesain.v4i02.1151.
Tsanawiyah, M. (2021). Pembelajaran Menulis Kalimat Poster Menggunakan Metode Inkuiri. JGI : Jurnal Guru Indonesia, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.51817/ jgi.v1i1.71.
Yohana, F. M. (2019). Penerapan Metode Role Play Storytelling dengan Menggunakan Media Poster pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Jurnal Magenta, 3(1). http://jurnal .trisaktimultimedia.ac.id/index.php/magenta/article/view/43.
Yusandika, A. D., Susilawati, E., & Istihana. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3593.