Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695Keywords:
discovery learning, powerpoint, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar IPA siswa kelas VI belum optimal. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilaksanakan guru belum menggunakan model inovatif serta media pembelajaran yang dapat menumbuhkan antusias siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media powerpoint. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 33 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Data hasil belajar dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar mencapai 67,57 ketuntasan belajar mencapai 66,66% dengan kriteria cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 79,84 dan ketuntasan belajar mencapai 87,87% dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan adanya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media powerpoint.
References
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.
Agung, A., Trisna, B., Candra, A., Sujana, I. W., & Ardana, I. K. (2017). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VI Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017.” Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655
Agustami, R. P., Alimah, S., & Artikel, I. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 96–103. https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17069
Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I. M. A. K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.62
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa Smp. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.5-9
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Damitri, D. E., & Adista, G. A. Y. P. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Teknik Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/36296
Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2014), 1469–1479. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.612
Eviani, Sri Utami, T. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS IPA KELAS V SD. Skripsi Pendidikan Biologi, 05(1), 1–8. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/139
Frandy Pratama, Firman, N. (2010). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 529–536. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462
Houtman, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Di Man 1 Musi Banyuasin. KENDURI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan …, 01(01), 16–21. https://www.siducat.org/index.php/kenduri/article/view/171
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2015). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Terbit Sejak, 5(1), 23–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2203
I Putu Ari Sudana, I. G. A. W. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Izetbigovic, M. A., Solfarina, , & Langitasari, I. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(2), 164. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i2.6118
Johana Ermina Setyaningtyas, Firosalia Kristin, I. A. (2018). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS 2. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(6), 530. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473
Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404
Jundu, R., Tuwa, H., & Seliman, R. (2013). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018 Febriana. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27352
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas Iv Sd Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(5), 549–561. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/106
Muyaroah, S. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inside Outside Cirle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Sd Fransiskus Baturaja. Pedagogia, 16(2), 99. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.12052
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Ni Kt. Dewi Muliani, I. M. C. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284
Nugroho Widiantono, N. H. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1, 199–213. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1308–1314. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10062
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 337–348. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.53
Pramestika, L. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 110–114. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/610/516
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880
Putra, P. (2017a). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 17–23. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/1
Putra, P. (2017b). Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna, 3(1), 28–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.953
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Ratih Dwi Yulianti Rahayu, Mawardi, S. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara.
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408
Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 681–688. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4851
Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017, 5(1), 53–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3446
Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(10). http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Metode Eksperimenuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Winantara, I. W. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd No 1 Mengwitani. Journal of Education Action Research, 1(2), 148. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047
Yuliana, N. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000