Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Kadek Yoga Suputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Astina, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36898

Keywords:

PBL, GeoGebra, Learning Outcomes

Abstract

Kurangnya pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran kontekstual yang sesuai dengan karakteristik siswa menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang melalui penerapan model PBL berbantuan GeoGebra pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model penelitian PTK dari Kemmis dan Taggart. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif yaitu; mencari mean, median, modus, daya serap dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,31%. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,79%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model penerapan model PBL berbantuan GeoGebra meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar.

References

Agung, A. A. (2016). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Depublish.

Anantyarta, P., & Sari, R. L. I. (2017). Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif Melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis Collaborative And Metacognitive Skills Through Multimedia Means Ends Analysis Based. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33–43.

Andersson, C., & Palm, T. (2017). The impact of formative assessment on student achievement: A study of the effects of changes to classroom practice after a comprehensive professional development programme. Learning and Instruction, 49, 92–102. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.12.006.

Andrews, P., Ryve, A., Hemmi, K., & Sayers, J. (2014). PISA, TIMSS and Finnish mathematics teaching: An enigma in search of an explanation. Educational Studies in Mathematics, 87(1), 7–26. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9545-3.

Ariawan, I. P. W. (2014). Pengembangan LKM Multi Representasi Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2918.

Barsihanor. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang Studi IPS MI Darul Mujahidin. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 20–30. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna/article/view/382.

Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–150. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671.

Golightly, A., & Raath, S. (2015). Problem-based learning to foster deep learning in preservice geography teacher education. Journal of Geography, 114(2), 58–68. https://doi.org/10.1080/00221341.2014.894110.

Hajiyakhchali, A. (2013). The Effects of Creative Problem Solving Process Training on Academic Well-being of Shahid Chamran University Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 549–552. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.602.

Hanifah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Labuhan Ratu. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://link.springer.com/article/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3.

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881.

Kim, M. C., & Hannafin, M. J. (2011). Scaffolding Problem Solving in Technology-enhanced Learning Environments (TELEs): Bridging Research and Theory with Practice. Computers and Education, 56(2), 403–417. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.08.024.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713.

Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.

Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). LPMP DI Yogyakarta. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf.

Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (2019). The Wiley Handbook Of Problem‐Based Learning. John Wiley & Sons, Inc.

Mullis, I. V. S., Martin, M., & Tom, L. (2016). 20 Years of TIMSS: International Trends in Mathematics and Science Achievement Curriculum and Instruction. International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775.

Radiusman, & Simanjuntak, M. (2020). Analisis Video Pembelajaran Matematika Mahasiswa PGSD Universitas Mataram Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 615–624. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.615-624.

Rahmi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2113–2117. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.242.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059.

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2).

Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insight and Interpretation. Organization for Economic Co-operation and Development.

Sierra, J. (2020). The potential of simulations for developing multiple learning outcomes: The student perspective. International Journal of Management Education, 18(1), 100361. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100361.

Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial dan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journa;, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21.

Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 95. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468.

Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenuddin, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keaktifan Belajar Peserta Srijaya Negara Palembang. Jurnal Profit, 5(1), 17–27.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423–431. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36898