Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Putu Idayani SMP Negeri 3 Kubu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.37432

Keywords:

TPS, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional berakibat pada rendahnya hasil belajar serta aktifitas belajar siswa sekolah menengah pertama. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dalam aktivitas pembelajaran. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa kelas IX sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tndakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi yang dilengkapi dengan pedoman observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan metode tes yang dilengkapi dengan instrumen berupa tes (soal) objektif. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 9,33 yang tergolong cukup aktif; sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 11,30 yang  tergolong aktif. Hal itu menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,97. Selain dapat meningkatkan aktifitas belajar model tink pair share juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 69,07; sedangkan  hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 82,59. Dari hasil tersebut ada peningkatan hasil belajar sebesar 13,52 dari nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.

References

Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies Vol., 2(2), 239–249. http://dx.doi.org/10.23887 /jlls.v2i2.19148.

Habe, H., & Ahiruddin. (2017). Sistem pendidikan nasional. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Sains, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.

Hafizhah, N., Isnani, & Suwandono. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran TPS terhadap Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 3(1), 61–67. https://doi.org/10.24905 /jpmp.v3i1.1304.

Hikmawan, F. (2017). Perspektif filsafat pendidikan terhadap psikologi pendidikan humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 31–36. http://dx.doi.org/10.17977/ um023v6i12017p31-36.

Hikmawati, N. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Cahaya Melalui Metode Kooperatif Model TPS. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 5(3), 346–353. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19857.

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074.

Kurniasih, D. (2018). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 7–11. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2539.

Noviani, Y., Rajab, R. M., & Hashifah, A. N. (2017). Pendidikan humanistik ki hadjar dewantara dalam konteks pendidikan kontemporer di indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 20. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/ 159-168/1696.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82.

Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, 3(1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/339/286.

Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal, 1(1), 17–23. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article /view/1/1.

Raditya, I. W., Kristiantari, M. R., & Suara, D. I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/ jjpgsd.v3i1.5800.

Rahmayantia, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Gaya Dan Fungsinya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1495.

Ramdhani, M. A. (2014). lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Uni, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.1177/00221 8568402600108.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7–21. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105/0.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00.

Tela, Yulian, vara nina, & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 5(1), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.V5i01.464.

Umryaty, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Montessori Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44317 /75676588001.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579.

Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD NO 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9–19. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1. 10127.

Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31004/cendekia. v1i2.23.

Downloads

Published

2021-07-19

How to Cite

Idayani, N. P. (2021). Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(3), 416–422. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.37432