Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Authors

  • Lilik Kustiyani SD 1 Garung Kidul, Kec. Kaliwungu, Kab. Kudus Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.37472

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media Powerpoint

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang menekankan terhadap proses pembentukan pengetahuan melalui pola interaksi langsung dengan lingkungan. Hanya saja pada proses pelaksanaannya guru belum mampu menggunakan model pembelajaran yang sesuai sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar dan aktifitas belajar IPA siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup melalui model pembelajaran problem based learning dengan media powerpoint pada siswa kelas VI SD. Penlitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan dua kali pertemuan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni sebanyak 19 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,55 atau sebesar 72,37% (sedang), siklus II meningkat menjadi 25,20 atau sebesar 90,05% (sangat tinggi). Pada akhir tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 72,89 atau sebesar 73,68% mengalami peningkatan 26,31% dari kondisi awal. Nilai rata-rata siklus II diperoleh 79,74 atau sebesar 89,47% ketuntasan belajar sehingga mengalami peningkatan sebesar 15,79% dari siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup pada siswa kelas VI SD.

References

Aliwardhana, H. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point Dan Filmora Melalui In House Training. Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109.

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Tenaga Pendidik Paud Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 16–24. https://www.journal.ubb.ac.id/index.php/lppm /article/view/1423.

Arfiani, N., & Tazkirah. (2019). Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Palu. Journal of Pedagogy, 1(1), 230–237. https://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/34.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penilaian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tatsra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Undiksha, 3(1).

Dewi, Y., & Hosein Radia, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 147. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17271.

Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 36–43.

Fahyuni, E. F., & Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Nizamial Learning Center.

Fedi, Guns, Ramda, & Gunur. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(1), 11–20. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm /article/view/3025/2286.

Hartika, I. (2019). Penggunaan Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN Rosela Indah Subang Tahun 2014-2015. Jurnal Penelitian Guru FKIP, 02(01), 232–240. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/471.

Indrawan, K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13897.

Irwanto, & Nurmalatika, T. (2019). Implementasi Program Power Point Ispring Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus dan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Tarongong Kidul Garut. Edu Komputika Journal, 6(2), 38–48. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v6i2.32396.

Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156.

Kodariah, L., Sutresna, Y., & Hardi, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 27–32. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/5243.

Komalasari, E. R. (2020). Google Meet Application and Media Power Points to Improve IPA Learning Results. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 463–469.

Mujakir. (2015). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1). https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/ e-jmp/article/view/82.

Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA ( Jurnal Pendidikan IPA Veteran ), 2(2), 162–173. https://doi.org/10.31331/jipva. v2i2.679.

Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (KD) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Diklat Keagamaan Volume, 12(34), 231–239. https://onlinelearning.uhamka.ac.id/pluginfile.php/ 408166/mod_resource/content/1/ARTIKEL.

Rachmawati1, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., & Ummah, K. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.633.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendektan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. https://doi.org/10.24246/j. scholaria.2017.v7.i3.p241-250.

Ramadhani, R., Maulana, A., & Rochadi, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (Sketch Up) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Macam- Macam Pekerjaan Konstruksi Kayu. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.4.

Santika, T., Suryati, W., & Idham, M. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 1(2). http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/ekonomia/article/view/406/243.

Sari, M. I., Rustopo, & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41–45. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283.

Sitorus, K., & Alwardah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ipa Terpadu, 4(2), 53–62. https://ojs.unm. ac.id/ipaterpadu/article/view/18927/10592.

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125.

Suwarsih, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah Melalui Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 433–444. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa. v7i3.155.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 80–94. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00.

Syamsudin. (2020). Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Sosial. Elementary School Education Journal, 4(2), 81–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i2.4610.

Yusuf, I., & Asrifan, A. (2020). Peningkatan Aktivitas Kolaborasi Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Stem Dengan Purwarupa Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 5 Yogyakarta. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.68.

Downloads

Published

2021-07-20

How to Cite

Kustiyani, L. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Journal of Education Action Research, 5(3), 432–439. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.37472