Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas II Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Joyfull Learning Berbasis Picture Cards Digital

Authors

  • Muhammad Rahman Kamil Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Safrul Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.62055

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Joyfull Learning, Kartu Bergambar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris di kelas II sudah cukup baik, namun siswa masih kurang tertarik dengan strategi yang diterapkan, hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga siswa kesulitan memahami materi pembelajaran dan berdampak pada penurunan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendekatan joyfull learning berbasis picture cards digital terhadap hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi animals. Penelitian dilaksanakan pada semester II. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis & MC Taggart dengan 4 tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Intsrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu tes pengetahuan dan tes keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan joyfull learning berbasis picture cards digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi animals. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum pada siklus I dan siklus II dengan presentase sebesar 60,71%; 21,42% dan 82,14%; 71,42%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan joyfull learning berbasis picture cards digital pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi animals dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Ahsani, E. L. F., & Praharsini, A. (2023). Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Puzzle Gameberbasis Eksperimen: Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. FASHLUNA, 4(1), 25–39. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.440. DOI: https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.440

Ani, A. M. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VIII SMP 4 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP, 2, 95–119. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246

Annisa, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. 3(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Arafat, S., & Pali, A. (2021). Joyful Learning Berbasis Picture Cards Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Era New Normal. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 180–187. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32980. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32980

Artiasih, N. M. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 7(2), 231–236. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54624.

Asda, Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129. DOI: https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129

Caesarani, S., Meita Safira, S., Mardiyansah, E., Rizki, M., & Ruslan, A. (2022). Pendampingan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Joyfull Learning Method Di Sd Negeri Siring. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 152–157. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2. DOI: https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.75

Dewi, K. C., & Prihatnani, E. (2022). Penerapan Joyful Learning untuk Meningkat Hasil Belajar pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 3 Pati. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.5991. DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.5991

Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 548–555. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829

Istiqomah, U., & Prihatnani, D. E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.470. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.470

Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657

Krisdiana, M., & Jamaludin, U. (2023). Pengaruh Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–354. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1257. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1257

Makkasau, A., & Ika Aliwardani, R. (2022). Penggunaan Metode Belajar Berbasis Joyful Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Uptd Sdn 52 Panasakkang Kabupaten Maros. Celebes Education Review, 4(3), 130–137. https://doi.org/10.37541/PENGGUNAAN.

Mardani, S. P., Halidjah, S., & Kresnadi, H. (2023). Pengaruh Flashcard terhadap Hasil Belajar Materi Keragaman Tanaman Khas, Suku Bangsa, Tarian Indonesia di Sekolah Dasar. FONDATIA, 7(2), 306–316. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3396. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3396

Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14067. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16136

Mustopa, D., Suardi Wekke, I., & Hasyim, R. (2019). Penerapan Joyfull Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Tinjauan Psikolinguistik). Jurnal Bahasa Dan Linguistik, 8(2), 110–118. https://doi.org/10.33506/li.v8i2.463.

Nadhiroh, U. (2023). Analisis Metode Resitasi Bercerita Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Materi Meneladani Kisah Ashabul Kahfi. Journal of Education Action Research, 7(2). https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54627.

Nugroho, F., Mulyaningsih, I., & Khuzaemah, E. (2019). Model Joyful Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII. DEIKSIS, 11(3), 234. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3762. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3762

Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694

Rohani, A., Halizah, N., Wandini, R. R., & Ritonga, S. (2021). Pengaruh Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 208–215. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.3906. DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.3906

Rutdjiono, D., Rozikin, K., & Setiawan, N. D. (2021). Pemanfaatan Metode Joyfull Learning Dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris. Elkom: Jurnal Elektronika Dan Komputer, 14(2), 189–197. https://doi.org/10.51903/elkom.v14i2.538. DOI: https://doi.org/10.51903/elkom.v14i2.538

Septiyani, C., & Ratama, N. (2023). Pembuatan Game Edukasi Menyusun Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Terhadap Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Construct 2 Berbasis Android. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 1(2). https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/JORAPI/article/view/120.

Setya Dewi, I. G. A. B., & Ganing, N. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Dua Dimensi Pada Muatan Bahasa Inggris Materi Pengenalan Kosa Kata. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45896. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45896

Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2575. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575

Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 140–147. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.154. DOI: https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.154

Wero, L., Laksana, D. N., & Lawe, Y. U. (2021). Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 515. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Zakiyah, F., Masqotul Imam Romdloni, M., & Awwaliyah, L. (2023). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Di Pesantren Al Mashduqi Melalui Permainan Tradisional Tebak Kata. Journal of Community Services, 5(1). https://doi.org/10.57170/jcs.v5i1.66.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Kamil, M. R. ., & Safrul. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas II Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Joyfull Learning Berbasis Picture Cards Digital. Journal of Education Action Research, 7(3), 403–408. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.62055