Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Menganalisis Indeks Harga dan Inflasi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • I Dewa Ayu Anom Suryati SMA Negeri 1 Tegallalang, Gianyar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.63768

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Discovery Learning, Ekonomi

Abstract

Proses pembelajaran yang lebih cenderung berpusat pada guru sementara peserta didik lebih cenderung pasif. Akibatnya peserta didik tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi model pembelajaran discovery dalam pembelajaran ekonomi, dan menguji upaya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPS dalam materi menganalisis indeks harga dan inflasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan metode deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus I, maka dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan dari aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan, ini pada siklus I jumlah nilai skor yang di peroleh 228 kategori cukup, sedangkan pada siklus II jumlah nilai yang diperoleh 313 dengan kategori baik. Begitu juga untuk prestasi belajar peserta didik setelah diberi tindakan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang divariasikan dengan game mengumpulkan poin nilai, mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I nilai rata-rata 62,22 dengan ketuntasan belajar 41, 67% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80,00 dengan ketuntasan belajar 97,22 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam penerapan model pembelajaran discovery learning yang divariasikan dengan game mengumpulkan poin nilai.

References

Abrosimova, G. A., Kondrat’eva, I., Veronina, E., & Plotnikova, N. (2019). Blended Learning in University Education. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(6), 6–10. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.762. DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2019.762

Adzobu, N, Y. (2014). Design, Use and Evaluation of E-Learning Platforms: Experiences and Perspectives of a Practitioner from the Developing World Studying in the Developed World. Informatics, 1, 147–159. https://doi.org/10.3390/informatics1020147. DOI: https://doi.org/10.3390/informatics1020147

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 608–617. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202.

Akkus, R., Gunel, M., & Hand, B. (2007). Comparing an inquiry‐based approach known as the science writing heuristic to traditional science teaching practices: Are there differences? International. Journal of Science Education, 29(14), 1745–1765. https://doi.org/10.1080/09500690601075629. DOI: https://doi.org/10.1080/09500690601075629

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. DOI: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Anggraini, L. A., Arif, S., Muna, I. A., & Aristiawan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199

Anugraheni, A. D., Oetomo, D., & Santosa, S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning terhadap Keterampilan Argumentasi Tertulis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa SMAN Karangpandan The Effect of Discovery Learning Model with Contextual Teaching Learning A. Bioedukasi, 11(2), 123–128. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.24914.

Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Metakognisi1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056. https://doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2048-2056.

Bailey, R. W., Wolfson, C. A., Nall, J., & Koyani, S. (2009). Performance-based usability testing: Metrics that have the greatest impact for improving a system’s usability. Heidelberg. In International Conference on Human Centered Design, 3–12. https://doi.org/10.1007/978-3-642-02806-9_1. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-642-02806-9_1

Cohen, J., Wong, V., Krishnamachari, A., & Berlin, R. (2020). Teacher coaching in a simulated environment. Educational Evaluation and Policy Analysis, 42(2), 208–231. https://doi.org/10.3102/0162373720906217. DOI: https://doi.org/10.3102/0162373720906217

Fatimah, R., Al Ayubi, S., & Irawati, T. N. (2020). Discovery Learning Application to Improve Student Activity and Learning Outcomes. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 115–122. https://doi.org/10.36835/axi.v5i2.736. DOI: https://doi.org/10.36835/axi.v5i2.736

Harahap, D. P. (2020). Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Using Syllable Method in Improving Student’s Reading Skill. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14

Jubaerudin, J. M., Supratman, & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. JARME (Journal of Authentic Research on Mathematics Education), 3(2), 178–189. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3191.

Kibirige, I., & Teffo, W. L. (2014). Actual and Ideal Assessment Practices in South African Natural Sciences Classrooms. International Journal of Educational Sciences, 6(3), 509–519. https://doi.org/10.31901/24566322.2014/06.03.1. DOI: https://doi.org/10.1080/09751122.2014.11890162

Kumandaş, B., Ateskan, A., & Lane, J. (2018). Misconceptions in biology: a meta-synthesis study of research, 2000–2014. Journal of Biological Education, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.1080/00219266.2018.1490798. DOI: https://doi.org/10.1080/00219266.2018.1490798

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627. DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 073–082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/JK.V1I1.536. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Marshall, J. C., Smart, J. B., & Alston, D. M. (2017). Inquiry-based instruction: a possible solution to improving student learning of both science concepts and scientific practices. International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 777–796. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9718-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s10763-016-9718-x

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 81–95. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/32/article/view/13565.

Nardo, J. E., Chapman, N. C., Shi, E. Y., Wieman, C., & Salehi, S. (2022). Perspectives on Active Learning: Challenges for Equitable Active Learning Implementation. Journal of Chemical Education, 99(4), 1691–1699. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c01233. DOI: https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c01233

Ningsih, P. R., Hidayat, A., Kusairi, S., & Dasar, P. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Nugrahaeni, A., Wayan Redhana, I., & Made Arya Kartawan, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1). https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865. DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Sekarwati, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Discovery Learning yang Terintegrasi Pendidikan Karakter dalam Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.819. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.819

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Setyawati, E. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta DidikUpaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 50–59. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p050. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p050

Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suryani, T. Z. (2016). Pengajaran Komunikatif Kontekstual dalam Konteks Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab. EL-Wasathiya: Jurnal Studi Agaa, 4(2), 13. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2641.

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan karya ilmiah. Panitia Sertifikasi Guru Rayon, 13, 10–11.

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 47. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789

Windrati, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Materi Inflasi Pada Siswa (Kelas Xi Ips 2 Sman 1 Cariu Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019). Paradigma, 19(1), 82–93. https://doi.org/10.33558/paradigma.v19i1.3268. DOI: https://doi.org/10.33558/paradigma.v19i1.3268

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Suryati , I. D. A. A. . (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Menganalisis Indeks Harga dan Inflasi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 7(4), 481–488. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.63768