Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dengan Penilaian Peta Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Dasar dan Kritis Siswa

Authors

  • I Made Diana Yusa SMA Negeri 1 Busungbiu, Busungbiu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.64698

Keywords:

Kooperatif Group Investigation, Penilaian Peta Konsep, Kemampuan Berpikir Dasar, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Hasil belajar siswa belum memuaskan yang tampak dari nilai terendah yang diperoleh siswa dan penurunan nilai tertinggi yang dicapainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan penilaian peta konsep untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan seting dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI 3 jumlah siswa seluruhnya adalah 30 orangTeknik pengumpulan data dikumpulkan dengan tes essai dan data ketiga dikumpulkan dengan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil keterampilan berpikir dasar siklus I adalah 60,13 dengan ketuntasan klasikal 23% meningkat pada siklus II menjadi 70,27 dengan ketuntasan klasikal 87%. Rata-rata hasil keterampilan berpikir kritis pada siklus I adalah 59,73 dengan ketuntasan klasikal 30% meningkat pada siklus II menjadi 70,00 dengan ketuntasan klasikal 77%. Penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan penilaian peta konsep dapat mengakomodasi peningkatan tingkat kepuasan siswa dalam belajar. Implikasi penelitian ini, untuk mencapai keterampilan berpikir dasar dan kritis yang optimal dalam belajar Fisika, model pembelajaran kooperatif GI dengan penilaian peta konsep dapat digunakan sebagai salah satu fasilitas belajar siswa.

References

Abaniel, A. (2021). Enhanced Conceptual Understanding, 21st Century Skills And Learning Attitudes Through An Open Inquiry Learning Model In Physics. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 30–43. https://doi.org/10.3926/jotse.1004. DOI: https://doi.org/10.3926/jotse.1004

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Aini, N. R., Syafril, S., Netriwati, N., Pahrudin, A., Rahayu, T., & Puspasari, V. (2019). Problem-Based Learning for Critical Thinking Skills in Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012026. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012026

Arki, A. K. H., Auliah, A., & Dini, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 18(2), 76–84. https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899

Boerma, I., van der Wilt, F., Bouwer, R., van der Schoot, M., & van der Veen, C. (2021). Mind Mapping during Interactive Book Reading in Early Childhood Classrooms: Does It Support Young Children’s Language Competence? Early Education and Development, 1–17. https://doi.org/10.1080/10409289.2021.1929686. DOI: https://doi.org/10.1080/10409289.2021.1929686

Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233–242. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079

Dewi, L. M. I., & Rimpiati, N. L. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. Jepun, 1(1), 31–46. https://doi.org/http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/78.

Dewi, N. K. U., Pudjawan, K., & Jayanta, I. N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.21051. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479

Dewi, P. K., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2020). Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 379–387. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27415. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27415

Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957

Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers & Education, 142, 103635. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635

Giacomazzi, M., Fontana, M., & Camilli Trujillo, C. (2022). Contextualization of critical thinking in sub-Saharan Africa: A systematic integrative review. Thinking Skills and Creativity, 43(July 2021). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100978. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100978

Gusweri, S., & Sari, D. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 67. https://doi.org/10.24036/jppf.v6i1.109000.

Hanifah, A., Mudzanatun, M., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Puzzle Board Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 443. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29244. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29244

Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696

Juliarsa, I. W. (2017). Pengaruh Model Team Assisted Individualization Bermediakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10808.

Kartika, N. M. D., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Martawijaya, M. A., Rahmadhanningsih, S., Swandi, A., Hasyim, M., & Sujiono, E. H. (2023). The Effect of Applying the Ethno-STEM-Project-based Learning Model on Students’ Higher-order Thinking Skill and Misconception of Physics Topics Related to Lake Tempe, Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.38703 . DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.38703

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Neldawati, N. (2020). Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 01–07. https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.12. DOI: https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.12

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Sudana, I., Apriyani, D., & Nurmasitah, S. (2019). Revitalization of vocational high school roadmap to encounter the 4.0 industrial revolution. Journal of Social Sciences Research, 5(2), 338–342. https://doi.org/10.32861/jssr.52.338.342. DOI: https://doi.org/10.32861/jssr.52.338.342

Sudaryati, S., Rahayuningsih, M., & Ngabekti, S. (2019). Classification Learning Effectiveness of Living with Contextual Teaching and Learning (CTL) and Cooperative Learning (CL) Type Group Investigation (GI). Journal of Innovative Science Education, 8(1), 23–29. https://doi.org/10.15294/JISE.V7I2.23873.

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.7017. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Syafitri, Y., Dwiridal, L., & Afrizon, R. (2019). Pembuatan e-modul berorientasi higher order thinking skills (HOTS) untuk pembelajaran fisika pada materi kalor dan teori kinetik gas di kelas XI SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(4). https://doi.org/10.24036/7285171074.

Taufiq, M., Wijayanti, A., & Fajriah, E. (2020). The implementation of e-comic earth layer to enhance students’ self-directed learning. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 022070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022070. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022070

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Ulum, H., Wahyuni, S., & Sudarti, S. (2021). Model Inkuiri Terbimbing disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran IPA di MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.19184/jpf.v3i2.23247l.

Wardani, S., Lindawati, L., & Kusuma, S. B. W. (2017). The development of inquiry by using android-system-based chemistry board game to improve learning outcome and critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 196–205. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360ll DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360

Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120

Yu, K. C., Fan, S. C., & Lin, K. Y. (2015). Enhancing Students’ Problem-Solving Skills Through Context-Based Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(6), 1377–1401. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9567-4l DOI: https://doi.org/10.1007/s10763-014-9567-4

Yu, T., Xu, J., Jiang, Y., Hua, H., Zhou, Y., & Guo, X. (2022). School educational models and child mental health among K-12 students: a scoping review. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s13034-022-00469-8l DOI: https://doi.org/10.1186/s13034-022-00469-8

Yusuf, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD dengan Menerapkan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 18–29. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13706. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13706

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Yusa, I. M. D. . . (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dengan Penilaian Peta Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Dasar dan Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 7(3), 358–367. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.64698