Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Quiz pada Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.65239Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Team QuizAbstract
Rendahnya hasil belajar IPS pada siswa sekolah dasar disebabkan karena kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz pada kelas V sekolah dasar. Subjek yang digunakan yakni siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Pada tes hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa (66,67 %) dan tuntas sebanyak 4 orang siswa (33,33 %) dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I berjumlah 57,94. Sedangkan pada tes hasil belajar siswa pada siklus II jumlah yang telah tuntas sebanyak 7 siswa (58,33 %) dan yang tidak tuntas sebanyak 5 orang siswa (41,67 %) dengan nilai rata-rata hasil belajar siklus II berjumlah 77,08. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ips dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz kelas V sekolah dasar.
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 186–192. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061
Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai Dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas Vi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014
Fadilah, R. U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 2 Sman 8 Kediri di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Sharia Economics, 1(2), 146–164. https://doi.org/10.35896/jse.v1i2.74. DOI: https://doi.org/10.35896/jse.v1i2.74
Fasikhah. (2019). Hubungan Kebiasaan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 1(3), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136
Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324. DOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324
Lusiana, & Fatonah, S. (2022). Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3067. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3067
Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz Dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522
Manullang, F. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz siswa Kelas V SDN 42 Palembang. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1), 38–51. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1120.
Melinda, I. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A SDN Merak I Pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408
Mutakin, D. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa menggunakan Metode Team Quiz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.23917/sosial.v3i1.542. DOI: https://doi.org/10.23917/sosial.v3i1.542
Nafi’a, M. Z. I., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 272–281.
Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Inovatif dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 82–90. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809
Nilayuniarti, N. P., & Putra, D. K. N. S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Mimbar PGSD, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.
Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473–480. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642 DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642
Putri, D. D. H., Dewi, N. K., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Ampenan. Progres Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.27. DOI: https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.27
Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Jear: Journal of Educational Action Research, 4(4), 452–458. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640
Qusnul, A., Widayati, S., & Marliyah, L. (2021). Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(2). https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1921. DOI: https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1921
Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01. DOI: https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01
Safitri, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SDN 060902 Medan Maimun. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.2246/eduglobal.v2i1.1657.
Sahabuddin, S., Yunus, M., & Nur, M. (2021). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz dengan Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SD Negeri Lakkang. Bosowa Journal of Education, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1170. DOI: https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1170
Salamah, D., & Maryono, M. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1965. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1965
Siswono, T. Y. E. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60–68. https://doi.org/10.17977/jip.v15i1.13.
Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volu, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435.
Sundari, K., & Rukoyah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Global Prima Islamic School. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v7i2.1971.
Suryawan, I. G. T., Satyawati, I. G. A. A. A., Purnama, I. W. A., & Arsana, I. M. D. P. (2022). Evaluasi Dan Redesign Website Menggunakan System Usability Scale Dan Automated Software Testing. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 11(1), 18–28. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v11i1.40785. DOI: https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v11i1.40785
Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 30. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926
Wulandari, Y., Wahyuni, A., & Elisa, E. (2017). Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 202–206.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faaizatun Naadhiroh, Nurrohmatul Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.