Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Materi Bangun Kubus Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Lathief Dwi Putra Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-2968-6037
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Neneng Diar SDN Rawamangun 12, Jakarta, Indonesia
  • Indah Ratnawati SDN Rawamangun 12, Jakarta, Indonesia
  • Adella Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.65953

Keywords:

Berpikir Tingkat Tinggi, Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Adanya permasalahan yaitu kemampuan berpikir untuk memahami soal masih rendah menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Pemahaman konsep luas dan keliling bangun datar yang masih kurang tepat sehingga terhambat dalam materi bangun ruang menjadi penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pelajaran matematika materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris tentang meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam matematika melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian dilakukan kepada 32 peserta didik. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I presentase ketuntasan skor tes kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah 62,5% dan siklus II mencapai 90,6%. Hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa menggunakan model pemeblajaran problem based learning pada siklus I adalah 85% dan pada silus II meningkat menjadi 95%. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan aktifitas pembelajaran siswa.

References

Abdulah, A., Mustadi, A., & Fitriani, W. (2021). PBL-Based Interactive Multimedia in Improving Critical Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 136. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25521. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25521

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440. DOI: https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Arikunto, S., & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Asriningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Duda, H. J., Susilo, H., & Newcombe, P. (2019). Enhancing Different Ethnicity Science Process Skills: Problem-Based Learning through Practicum and Authentic Assessment. International Journal of Instruction, 12(1), 1207–1222. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12177a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12177a

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.

Fauzia, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811. DOI: https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Giacomazzi, M., Fontana, M., & Camilli Trujillo, C. (2022). Contextualization of critical thinking in sub-Saharan Africa: A systematic integrative review. Thinking Skills and Creativity, 43(July 2021). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100978. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100978

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika. Numeracy Journal, 561(3), S2–S3. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143–156. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2222.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Istiningtyas, D., Anugrahana, A., & Saptoro, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD N 2 Kebondalem Lor Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5710–5715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6247. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6247

Jawadiyah, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemical Education, 10(2), 195–204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2543. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2543

Ju, H., & Choi, I. (2017). The role of argumentation in hypothetico-deductive reasoning during problem-based learning in medical education: A conceptual framework. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 11–14. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1638. DOI: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1638

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26. DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Özbek, G., & Uyumaz, G. (2020). The impact of dialogic teaching on academic success and anxiety regarding mathematics courses. In Psycho-Educational Research Reviews | (Vol. 9, Issue 2). https://www.journals.lapub.co.uk/index.php/PERR.

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of problem based learning (PBL) models on motivation and learning outcomes in learning civic education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401–412. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565

Prayogi, R., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Puspitasari, R. P., Sutarno, & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 503. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Setyawan, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem based learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196

Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677. DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677

Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120

Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A. (2016). Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 273–283. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8054. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8054

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Putra, M. L. D., Suntari, Y., Diar, N., Ratnawati, I., & Adella. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Materi Bangun Kubus Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 396–402. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.65953