Kesulitan Membaca Kata Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun di Sekolah Dasar

Authors

  • Luh Budiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66560

Keywords:

Kesulitan Membaca Kata, Disleksia, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Kesulitan membaca kata disleksia pada siswa sekolah dasar terutama dikelas rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan membaca kata anak disleksia usia 7-12 tahun disekolah SD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, checklist, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat kesulitan-kesulitan membaca kata dikelas satu seperti sulit membaca /memproses fonologi sehingga kurang mampu membaca (decode), mengeja kata (encode), berbicara (syintax); terdapat kendala-kendala penyebab disleksia yaitu faktor gen (hereditas), lingkungan, cahaya yang mengakibatkan sindrom irlen, kerusakan neorologis, artikulasi. Implikasi disleksia mengelak dari membuat kerja sekolah, menggunakan strategi-strategi seperti menyalin kerja anak-anak lain untuk menyembunyikan masalah, menyadari sesuatu yang “tidak kena” tetapi tidak dapat memahaminya, coba menyembunyikan kesukarannya. Kesimpulan dengan adanya kesulitan membaca kata anak disleksia terdapat upaya-upaya yang dilakukan guru untuk siswa disleksia seperti intervensi, toleransi, dispensasi, multisensori, metode gilingham, clinical teaching, alat bantu seperti buku-buku bergambar, remidial teaching, memperhatikan perkembangan sosial emosional anak agar siswa disleksia tidak mengalami demotivasi belajar dan kefrustasian yang bisa membawanya pada kesulitan-kesulitan lain.

References

Aryani, R, & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645.

Aryani, Ririn, & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi, 5(2), 1128 – 1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Cahyana, C., Hidayati, H., Sanjaya, M. B., Pangestu, A. S., Sundawa, A. A., & Aritakalam, A. (2021). Leady: A Multisensory Approach in Mobile Application for Dyslexic Children. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 15(1), 31–39. https://doi.org/10.21512/COMMIT.V15I1. 6661. DOI: https://doi.org/10.21512/commit.v15i1.6661

Hossein khanzadeh, A. A., Zanjani, M. L., & Taher, M. (2020). Comparison of the Effectiveness Computer-Assisted Cognitive Remediation (CACR) and Multi-Sensory Method on Improvement Reading Performance of Students with Dyslexia. The Journal of New Thoughts on Education, 15(4), 71–94. https://doi.org/10.22051/JONTOE.2020.1 5621.1824.

Mediana Simanjuntak, G., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.17509/CD.V11I1.21082. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.21082

Muawwanah, U., & Supena, A. (2021). Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. AULAD, 4(2), 98 – 104. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.120. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.120

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 1462–1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/AD.V5I2.4854. DOI: https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4. 1055. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055

Raharjo, T. (2017). Kesadaran Phonologi Dengan Literasi Membaca Pada Anak Disleksia: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi Perseptual, 2(2), 109 – 123. https://doi.org/10.24176/perseptual.v2i2.2675. DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v2i2.2675

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548–560. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I2.26 0. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Safetyani, K., Nuryani, P., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 160–169. https://doi.org/10.1709/JPGSD.V411.2043. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085

Siregar, B., Tarigan, A., Nasution, S., Andayani, U., & Fahmi, F. (2019). Speech Recognition with Hidden Markov Model and Multisensory Methods in Learning Applications Intended to Help Dyslexic Children. The 3rd International Conference on Computing and Applied Informatics 2018, 1235(1), 012051. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1235/1/012051. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1235/1/012051

Supena, A., & Dewi, I. R. (2021). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110– 120. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1. 623. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623

Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.

Wicaksono, A., & Yuliawati, F. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia) Pada Anak Kelas 2 Sekolah Dasar. Elementary School, 10(2), 192 – 201. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4151.

Yolanda, S. T., & Damri, D. (2022). Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1563 – 1569. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2261. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2261

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Budiani, L. ., & Putrayasa, I. B. . (2023). Kesulitan Membaca Kata Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 376–381. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66560