Dampak Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Authors

  • Dedek Dwi Suci Ramadhani Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66698

Keywords:

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Model Problem Based Learning, Karya Tulis Ilmiah

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan lemahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah ketidakmampuan dalam menganalisis dan mengevaluasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam materi menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Metode Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini digunakan untuk membandingkan hasil tes (posttest) antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Data dihasilkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest pada setiap indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kelas eksperimen mencatatkan hasil yang lebih baik pada indikator menganalisis (membandingkan dan membedakan) dengan persentase 91% (sangat baik), sementara kelas kontrol mencatatkan hasil tertinggi pada indikator menganalisis (menganalisis argumentasi), mengevaluasi, dan membuat kesimpulan dengan persentase 90% (sangat baik). Kesimpulan yaitu  hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelompok (kelas eksperimen dan kelas kontrol), dan penerapan PBL secara positif mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan penerapannya dapat lebih mendukung siswa dalam kegiatan pembelajaran.

References

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702. DOI: https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Anik Rahmawati Wahyuningsih. (2022). Increasing the Activity and Learning Outcomes of Students in the Unit Price of Construction Work through PBL Assisted by Video Tutorials. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.380. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.380

Aprilia, W., Apreasta, L., & Prasetyo, D. E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084

Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P. H. (2020). Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar berwawasan sosial-budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081. DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Harmelia, D., & Djuwita, P. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Membangun Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.33369/jp3d.v5i2.14749.

Hasanah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Elektrolisis. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 218. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313. DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811. DOI: https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Maria, S. K. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Padaa Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Edudikara: Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.178.

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Murti, E. D., Nasir, N., & Negara, H. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072

Ningsih, S. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Nurul Qur’an Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 136–143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(4). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Santoso, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.5998. DOI: https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.5998

Sari, P. P., Murtono, Utomo, S., & Ardianti, D. (2021). Implementation of Problem Based Learning ( PBL ) on Interactive Learning Media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 24–30. https://doi.org/10.53797/jthkkss.v2i2.4.2021.

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239

Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 1(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1035. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1035

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(3), 299. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 84–98. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Wedhi Prayuda, S., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Dan Gambar Pada Siswa Kelas 4 Sdn Bringin 01. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.399. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.399

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Wulandari, A., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 225. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424. DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Zein, R., & Maielfi, D. (2020). Penerapan keterampilan bertanya mahasiswa untuk stimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs) anak TK. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1644. DOI: https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1644

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Ramadhani, D. D. S. ., & Sukenti , D. . (2023). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal of Education Action Research, 7(3), 327–335. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66698