Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66971Keywords:
hasil belajar, media gambar, siklus airAbstract
Masih belum tuntasnya hasil belajar siswa pada materi siklus air, menjadi alasan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji peran media gambar terhadap hasil belajar materi siklus air dilakukan. Jenis penelitian yang dialkukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahapan yaitu, perncanaan, pelaksanaan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah tes dan lembar observasi. analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai siswa dari hasil tes dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya media gambar dapat meningktkan hasil belajar pada materi siklus air. Hal ini ditunjukan dari peningkatkan jumlah siswa yang tuntas dari prasiklus sampai siklus II. Dimana dalam siklus 1 masih ditemukan bebera kendala dalam proses pembelajaran sehingga menyebakan masih ada 5 orang siswa yang belum tuntas, disebabkan karena pada penelitian ini, terlihat bahwa guru masih kurang memperhatikan siswa pada saat pembelajaran dan beberapa siswa terlambat mengikuti pembelajaran, mengakibatkan mereka tidak mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Jadi bisa di rekomadasikan bahwa media gambar bisa digunkan sebagai salah satu alternatif medai pembelajaran untuk siklus air.
References
Afandi, Muhammad, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Sultan Agung Press.
Akbar, A. A., & Tarman, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 40–48. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1238. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1238
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Annisa, D. S., & Fitria, Y. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies., 4(2), 498–508. DOI: https://doi.org/10.36764/jc.v4i2.384
Aristhi, N. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 327–337. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26096.
Astami, N. W. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 206. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2 SE-Research), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.
Ekasari, N. L. P., Smara Putra, D., & Surya Abadi, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15495. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15495
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.2526. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260
Handayani, N. F. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balangan. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 4(2), 37. https://doi.org/10.31602/jt.v4i2.8621. DOI: https://doi.org/10.31602/jt.v4i2.8621
Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Hidayah, N., Akib, E., & Arif, T. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Literasi dengan Teknik 6M Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Narasi dan Kemampuan Bercerita Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(6), 9640–9649. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4064. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4064
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Lukman Hakim, A., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Sejarah. Islamic Studies, 3(2), 131–136.
Manzil, E. F., Sukamti, & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
Mawaddah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Reseach, 2(2), 2654–4210. DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6254
Mujib, K., & Erawati, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Terintegrasi dengan Kahoot Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 35. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4348 DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4348
Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6196–6210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696
Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238. DOI: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238
Nuraeni. (2021). Blended Learning Berbasis Modul Elektronik Bidang Studi IPA Di Mts. Surabaya Limbangan Garut. Jurnal Petik, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.915. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.915
Oktapiani, R., & Rustini, T. (2016). Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpendapat Siswa Pada Pembelajaran IPS. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 121–127. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2843. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2843
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Pipo, B. H., & Gembong, S. (2023). Penerapan Pembelajaran di Luar Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Mata Pelajaran IPA dengan Materi Siklus Air Tanah di Kelas V SDN Jomblang Tahun Pelajaran 2023 / 2024. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 935–944.
Pramudita, A. D., Rahmawati, E., Ilmi, L. H., Amatullah, S., Damayanti, Z. S., & Subiki. (2023). Analisis Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Pemahaman Konsep Gelombang Elektromagnetik Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 105–113. https://doi.org/10.5281/zenodo.8170616
Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10283
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Riana, R., Kartinawati, & Tri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 64–71.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939
Sahwan. (2022). Penggunaan Media Gambar Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SLBN 1 Lombok Barat. Jurnal Paedagogy, 9(2), 302. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4973. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4973
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasi, 5(1), 22 – 34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693
Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Nisa, Andreas Au Hurit, Anne Ansyalina Bari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.