Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997Keywords:
Media Video Pembelajaran, Literasi Digital, Minat Baca, Hasil Belajar, IPSAbstract
Kemajuan teknologi bagi pendidik saat ini diharapkan dapat membangun keunggulan siswa dalam membaca dengan memberikan video pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam melaksanakan literasi digital di sekolah, yang juga dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa. Fasilitas sekolah yang tersedia seperti proyektor kurang digunakan oleh guru untuk digunakan sebagai variasi media pembelajaran, siswa sering mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada materi yang memiliki variasi bacaan yang luas, terutama pada muatab pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media video pembelajaran terhadap literasi digital, minat baca, serta hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan test. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah uji manova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas tingkat pelaksanaan pemberian video pembelajaran kepada siswa kelas V termasuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 71,10%, tingkat literasi digital pada siswa kelas V termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 51,70%, tingkat minat baca siswa kelas V setelah diberikan video pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 43,6%, tingkat hasil belajar siswa dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 47,0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran mempengaruhi literasi digital, minat baca dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
References
A’yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya, 4(2), 1–15. https://repository.unair.ac.id/17685/.
Adawiyah, R., Robbia, A. Z., Jariah, A., Syukur, A., & Jamaluddin, J. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Kimia sebagai Solusi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 di MAN 2 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185
Cahyani, N. L. P., & Jayanta, I. N. L. (2021). Digital Literacy-Based Learning Video on the Topic of Natural Resources and Technology for Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918
Efanudin, A. F., & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di SMK Krian 1 Sidoarjo. It-Edu, 2(2), 202–209. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/22657/20779.
Elendiana, M. (2022). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Firlisa, U. D., & C, H. (2022). Peran Media Youtube Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring (pp. 38–46). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1252.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411
Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193
Hidayat, D., & Rohati, T. D. (2020). The Effect of Extensive Reading on Students Reading Comprehension. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 58–64. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7519. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7519
Hita, A., Shifa, A. F. A., & Gumelar, M. R. M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar. Inovasi Kurikulum, 18(1), 115–127. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42680. DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42680
Janati, F., D., S., R., R. M., & A. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 melalui Literasi Digital. Prosiding Semai Seminar Nasional Pgmi 2021, 622–637. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/426.
Jerry Radita Ponza, P., Nyoman Jampel, I., & Komang Sudarma, I. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Jubaerudin, J. M., Supratman, & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. JARME (Journal of Authentic Research on Mathematics Education), 3(2), 178–189. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3191.
Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Lasut, M. S., Sumampouw, Z. F., Mangangantung, J. M., & Pangkey, R. D. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint dan Media Video dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 4). JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2915. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2915
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756. DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Ningtias, W. A., & Sujarwo. (2021). Pengaruh intensitas mengakses video pembelajaran IPS di Youtube terhadap minat baca buku IPS. Edukasi IPS, 5(2), 9–17. https://doi.org/10.21009/EIPS.005.02.02. DOI: https://doi.org/10.21009/EIPS.005.02.02
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa (Vol. 17, Issue 1). Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Pamungkas, W. A. D., & D, K. H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651. DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Prasong, F., Kalang, F., & Nurlailah. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Membaca Dengan Tema Kegemaranku Pada Siswa Kelas 1 Mis Al-Fitrah Oesapa. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 276–280. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.665. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.665
Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Ruslan, W. S. H. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (pp. 767–775). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2633/2442
Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. In Jakarta: Kencana.
Shidik, R. R., Anggraeni, P., & Royani, N. (2022). Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Siswa Pada Materi Sumber dan Bentuk Energi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 91–99. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/literat/article/view/24/9.
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9784
Siroj, H. A., H., W. A., & N, K. B. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 1 Dasan Tapen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1049–1057. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.668. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.668
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Vieira, E. A. O., Silveira, A. C. D., & Martins, R. X. (2019). Heuristic evaluation on usability of educational games: A systematic review. Informatics in Education, 18(2), 427–442. https://doi.org/10.15388/infedu.2019.20. DOI: https://doi.org/10.15388/infedu.2019.20
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syafira Raka Putri, Farid Ahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.