Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema Kegemaranku

Authors

  • Ida Ayu Kade Patni Kartini SD Negeri 10 Peguyangan, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67292

Keywords:

Media Puzzle, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Masih banyak peserta didik yang belum mengenal huruf alfabet. Kurangnya guru dalam menyajikan huruf dan bentuk huruf kepada siswa, sehingga masih ada peserta didik yang belum bisa membedakan huruf b dan d serta m dan w. Sehingga berdampak kepada hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tema kegemaranku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 32 orang kelas 1 yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang meningkat yaitu di siklus I ketuntasan belajar mencapai 56,25% dari 32 orang peserta didik, dan di siklus II ketuntasan belajar mencapai 87,5% dari 32 orang peserta didik, Jadi peningkatan yang dialami dari siklus I ke Siklus II adalah 31,3%. Sedangkan kemampuan peserta didik dalam menyusun kata dari siklus I ke Siklus II juga mengalami peningkatan. Simpulan penelitian menunjukkan penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema kegemaranku di kelas 1 SD.

References

Agustini, M., Nulhakim, L., & Hakim, Z. R. (2021). Developing A Contextual Learning-Based Audio Visual Media On Material Of The Energy Source And Its Change For Four Grade Students At Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 263–278. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8069. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8069

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292

Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338

Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881

Hanifah, A., Mudzanatun, M., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Puzzle Board Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 443. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29244. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29244

Ihsan, I. A., & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantu media puzzle terhadap keterampilan berbicara siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 479–486. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799

Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609

Kusumayuni, P. N. (2021). E-Book with A Scientific Approach on Natural Science Lesson For Fifth Grade Students of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 177–185. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32048.

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522

Maulidah, A. N., & Aslam. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 281–286. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488.

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2016). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 10.23887/mi.v26i2.37488. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488

Munajah, R. (2020). Penerapan Media Belajar Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Mandalasari 2 Pandeglang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i1.615.

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II Sd Gugus VI Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.

Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Inovatif dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 82–90. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809

Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rahmadhani, W., Sardjijo, S., & Manalu, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7750–7757. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.2520. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.2520

Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938

Simanjutak, E. B., Siburian, G., & Nainggolan, M. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. JS: Jurnal Sekolah, 5(2), 70–76. https://doi.org/10.24114/js.v5i2.32717. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i2.32717

Utami, N. P. M. A., Ganing, N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035

Widayanti, N. M. A. G., Sudarma, I. K., & Suarjana, I. M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD. MIMBAR PGSD, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7078. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354–362. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563

Widya, H. (2017). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(1), 679–687. https://www.neliti.com/publications/247936/pengaruh-media-puzzle-terhadap-hasil-belajar-ipa-konsep-daur-hidup-makhluk-hidup.

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2020). Online Interactive Multimedia Oriented to HOTS through E-Learning on Physics Material about Electrical Circuit. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17667. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17667

Zulfa, E., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Kartini, I. A. K. P. . (2023). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema Kegemaranku. Journal of Education Action Research, 7(3), 303–309. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67292