Pembelajaran Kimia Organik dengan Kombinasi Project Based Learning dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar

Authors

  • Hendrik Pratama STKIP PGRI Nganjuk, Nganjuk, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5463-8147
  • Yulia Dewi Puspitasari STKIP PGRI Nganjuk, Nganjuk, Indonesia
  • Purwo Adi Nugroho STKIP PGRI Nganjuk, Nganjuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67336

Keywords:

Project Based Learning, Jelajah Alam Sekitar, Kimia Organik, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Mata kuliah kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari senyawa organik. Bidang keilmuan ini memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia karena sebagian besar produk disekitar memiliki kandungan senyawa organik yang dibutuhkan makhluk hidup. Materi kimia organik masih dianggap sulit bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan kombinasi pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Jelajah Alam Sekitar (JAS), serta menganalisis dampaknya terhadap hasil belajar, serta pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian merupakan quasi eksperimen dengan desain one shot case study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Data yang diambil adalah nilai ujian tulis, nilai laporan, nilai presentasi, kemampuan berpikir kritis, serta tanggapan keterlaksanaan PjBL dengan pendekatan JAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi 2 model pembelajaran PjBL dan JAS efektif diterapkan dalam perkuliahan. Berbagai kemampuan yang meningkat seperti hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kemampuan lain seperti kerjasama, keaktifan belajar, komunikasi, toleransi, hingga tanggungjawab mahasiswa dapat terbentuk dengan baik. Pembelajaran mata kuliah kimia organik yang dikaitkan dengan kehidupan nyata berdampak pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

References

Agustina, R., Nurmaliah, C., & Djufri, D. (2017). Pengaruh penerapanmodel project based learning berbasis pendekatan jelajah alamsekitar (JAS) terhadap kreativitas peserta didik SMAN 1 Sigli kabupaten Pidie. Jurnal EduBio Tropika, 5(2). Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/JET/article/view/11301.

Amaliyah, M., & Nasrudin, H. (2019). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (POE) Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 11 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 2252–9454. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277. DOI: https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277

Andrini, V. S., Pratama, H., & Maduretno, T. W. (2019). The effect of flipped classroom and project based learning model on student’s critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 12010. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012010. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012010

Anggriani, F., Karyadi, B., & Ruyani, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Studi Ekosistem Sungai. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.100-105. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.v3i2.7701

Chen, C.-H., & Yang, Y.-C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71–81. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001

Farfuqi, M. T., Surbakti, A., & Sikumbang, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Padangcermin Materi Pokok Ekosistem. PROSIDING.

Isnaini, M., & Ningrum, W. P. (2018). Hubungan Keterampilan Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 12–25. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2637. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2637

Jannah, U. M., Rohmah, S. A., & Noor, F. M. (2019). Analisis Penerapan Pembelajaran Kimia Organik Berkonteks Isu Sosiosainstifik untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa IPA. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.5491. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.5491

Kurniyanti, R., Martuti, N. K. T., & Alimah, S. (2019). The Effectiveness of Project Based Learning Ecosystems Dioramas with Jelajah Alam Sekitar Approach against Students’ Critical Thinking Ability and Creativity. Jurnal of Biology Education, 8(3). https://doi.org/10.15294/jbe.v8i3.27141. DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v8i3.27141

Muhibbuddin, M., Yustina, N., & Safrida, S. (2020). Implementation Of Project-Based Learning (Pjbl) Model In Growth And Development Learning To Increase The Students’science Literacy And Critical Thinking Skills. IJAEDU-International E-Journal of Advances in Education, 6(16), 66–72. https://doi.org/10.18768/ijaedu.616008. DOI: https://doi.org/10.18768/ijaedu.616008

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1), 12043. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043

Partjuma, A. H., Roini, C., & Nashicah, A. Z. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Smp Islam Jailolo. Jurnal Bioedukasi, 5(2). https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5776.

Prastyaningrum, I., & Pratama, H. (2019). The application of Project Based Learning method in learning micro-hydro electrical power. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 12031. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012031. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012031

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Puspitasari, L., Astuti, B., & Masturi, M. (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959. DOI: https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959

Putra, S. H. J. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204–213. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030

Risvanelli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 44–56. https://doi.org/10.29210/02017116. DOI: https://doi.org/10.29210/02017116

Setiati, N., Alimah, S., & Partaya, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Berorientasi Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Mata Kuliah Taksonomi Hewan. Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi, 1(1), 44–50.

Setiawan, M. A., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Bahan Ajar Multimedia Terhadap Hasil Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 746–751. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6243.

Solehah, K. M., & Carolina, H. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5433. DOI: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5433

Sonia, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437

Suastra, I. W., & Ristiati, N. P. (2019). Developing critical thinking, scientific attitude, and self-efficacy in students through project based learning and authentic assessment in science teaching at junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 12087. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012087. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012087

Taqwan, S. H. B. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smp negeri 05 seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7524. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958

Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis jelajah alam sekitar (JAS) materi ekosistem taman nasional kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 147–156. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156

Wati, T. A. P., Aswidinnoor, H., Surahman, M., & Nugroho, D. A. (2019). Demonstrasi Plot Padi IPB 3S dan IPB 9G sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Petani Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 1(1).

Wu, X., He, Z., Li, M., Han, Z., & Huang, C. (2022). Identifying learners’ interaction patterns in an online learning community. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(4), 2245. https://doi.org/10.3390/ijerph19042245. DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph19042245

Yuliani, M., & Habibi, M. R. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pendekatan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Danger Tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8). https://doi.org/10.5281/zenodo.5793397.

Yurni, Y., & Hariati, F. (2022). Pengaruh Stimulasi Tugas Terhadap Motivasi dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Dengan Rancangan One Shot case study. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 391–395. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i2.331. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i2.331

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Pratama, H., Puspitasari, Y. D., & Nugroho, P. A. (2023). Pembelajaran Kimia Organik dengan Kombinasi Project Based Learning dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Journal of Education Action Research, 7(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67336