Model Probing Prompting Menggunakan Media Virtual Reality Materi Mitigasi Bencana untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi SMA

Authors

  • Nisa Aulia Rahma Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Heni Masruroh Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.67448

Keywords:

Geografi, Probing Prompting, Virtual Reality

Abstract

Rendahnya motivasi belajar peserta didik adalah masalah serius dalam konteks pendidikan saat ini. Model dan media pembelajaran yang tidak menarik serta membosankan dapat berkontribusi pada penurunan motivasi belajar. Dampaknya, peserta didik cenderung kehilangan antusiasme selama pembelajaran dan mengalami hambatan dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan model "Probing Prompting" dan media Virtual Reality dalam meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan dalam penelitian memiliki sifat deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian artikel ini adalah kelas XI IPS 1 SMA menggunakan angket motivasi belajar dengan aspek ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) pada 26 peserta didik. Hasil temuan penelitian ini diperoleh skor siklus I rata-rata 68,3% dan skor rata-rata siklus II 77,6%. Motivasi belajar peserta didik meningkat terjadi pada siklus II sebesar 9,3%. Hal ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan kelas yang lebih menarik dan interaktif guna meningkatkan kualitas pengajaran dan memecahkan masalah kurangnya motivasi peserta didik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting dengan media Virtual Reality materi mitigasi bencana terhadap kenaikan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran dan media yang lebih interaktif dan menarik seperti Virtual Reality dalam konteks materi mitigasi bencana memiliki dampak positif pada motivasi belajar peserta didik.

References

Araia-Alba, P., Keane, T., Chen, W. S., & Kaufman, J. (2021). Immersive Virtual Reality as a Tool to Learn Problem-Solving Skills. Computers & Education, 164, 1–33. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104121.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Arifin, S. F. A. (1Universitas S. G. S. (2023). Pembelajaran e-learning sebagai pelaksanaan merdeka belajar siswa sekolah dasar abad 21 1. 01(01), 1–12.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17.

Astuti, N. L. S., Wisnawa, I. N. D., & Supartha, I. A. (2022). Penyuluhan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi untuk Anak di Panti Asuhan Hati Mama Jimbaran. Genitri Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 1(1), 59–63. https://doi.org/10.36049/genitri.v1i1.58.

Fradani, A. C., Rosyida, F., & Khasanah, S. K. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Probing Prompting Yang Didukung Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Di Mts Abu Darrin Bojonegoro. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 50. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1509.

Hafizhah, N. I., Amalia, R. A., & Usawatun, A. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Melalui Media Jumping On Worms Game Di Sekolah Dasar. 09.

Hidayat, E. W., & Utami, W. S. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi sebagai Bekal Peserta Didik untuk Menghadapi Tuntutan Pebelajaran Abad 21 di SMA Surabaya. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 1–8.

Isa, J. M. (2023). Educational Administration : Theory and Practice Student Motivation in Learning Through the Use of the 21st- Century Learning Activities. 29(2), 222–230.

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401.

Jayanti, R. (2018). Pembelajaran Menggunakan Teknik Probing Prompting Berbantuan Edmodo Blended Learning Pada Materi Persamaan Diferensial Matematis Mahasiswa Di Universitas Pgri Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jensen, L., & Konradsen, F. (2018). A review of the use of virtual reality head-mounted displays in education and training. Education and Information Technologies, 23(4), 1515–1529. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9676-0.

Juana, N. A., Jailani, & Kaswoto, J. (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dengan Pendekatan Saintifik Dan Model Kooperarif Tipe STAD. 12(2), 1661–1668.

Kholifah, S., & Buchori, A. (2023). Pelatihan Media Terbarukan Berbasis Virtual Reality Bagi Tenaga Kependidikan, Laboran dan Pustakawan di SMPN 3 Mranggen Demak Virtual Reality-Based Renewable Media Training for Education Personnel, Laboratory Assistants and Librarians at SMPN 3 Mranggen D. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(1), 63–71.

Kim, H., So, H., & Park, J. (2022). Examining the Effect of Socially Engaged Art Education with Virtual Reality on Creative Problem Solving. Journal of Educational Technology & Society, 25(2), 117–129. https://www.jstor.org/stable/48660128.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.

Kusumadewi, N., Fajar Nurizki, A., Bekti Pratama, A., & Zukhaira, Z. (2019). Mvr Abbas: Multimedia Virtual Reality Game Berbicara Bahasa Arab Untuk Siswa Jenjang Menengah Pertama. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 44. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.136.

Lampropoulos, G., Keramopoulos, E., Diamantaras, K., & Evangelidis, G. (2022). Augmented Reality and Virtual Reality in Education: Public Perspectives, Sentiments, Attitudes, and Discourses. Education Sciences, 12(11). https://doi.org/10.3390/educsci12110798.

Madyaningtyas, M. S., Dewi, W. A. R., Indriani, Y. D., Putra, A. K., & Febriyanti, E. (2022). Learn to Create with Disaster Mitigation Digital Comics Project : Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar dengan Model Project Based Learning di SMAN 1 Kepanjen. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JJPI), 16(2), 189–195.

Mafluhah, S. F., Islam, U., Sayyid, N., Rahmatullah, A., Setiawan, B., Islam, U., Sayyid, N., & Rahmatullah, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Probing – Prompting Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPS Kelas VII MTsN 1 Trenggalek. 1(3), 120–133.

Maharani, N. (2021). Sosialisasi Dan Mitigasi Gempa Bumi Menggunakan Media Berbasis Virtual Reality Pada Panti Asuhan Adzkiyah Alkhair Kecamatan …. … (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan …, 10(01), 52–58.

Makransky, G., & Petersen, G. B. (2021). The Cognitive Affective Model of Immersive Learning (CAMIL): a Theoretical Research-Based Model of Learning in Immersive Virtual Reality. Educational Psychology Review, 33(3), 937–958. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09586-2.

Mardhiyah, H. R., Aldriani, F. N. S., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.

Nizar, M. N., Utomo, D. H., Putra, A. K., & Soelistijo, D. (2023). Pengembangan Mobile Apps ”Stunami” Pada Materi Mitigasi Bencana. Edu Geography, 11(1), 27–41.

Nur, S., Jairina, I., Handoyo, B., & Astina, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 225–228.

Nuraeni, S., & Kusuma, A. B. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Ctl Dengan Teknik Probing-Prompting Smp Negeri 1 Kembaran. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(1), 44. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i1.1920.

Nursamsu, N., & Baihaqi, B. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru SMA Negeri Aceh Tamiang. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 193–199. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i3.4320.

Nurzaman, D. R., Siswa, H. B., & Outcomes, S. L. (2021). Penerapan Metode Probing Promting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Tahsinia, 47–57.

Peni, N., Suwadji, Suwanti, V., & Malang, K. (2022). Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Demonstrasi. 2(2), 31–37.

Pirker, J., & Dengel, A. (2021). The Potential of 360° Virtual Reality Videos and Real VR for Education - A Literature Review. IEEE Computer Graphics and Applications, 41(4), 76–89. https://doi.org/10.1109/MCG.2021.3067999.

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258.

Pujiastuti, I. (2021). Impementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 1–13. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.66.

Putra, A. K., Soekamto, H., Masruroh, H., Handoyo, B., Huda, I. A. S., & Syaibana, P. L. D. (2022). Pelatihan Gamification Berbasis Game-Based Virtual Learning Environment Sebagai Penunjang Immersive Learning. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2075. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12084.

Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers and Education, 147, 10377. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103778.

Ravichandran, R. R., & Mahapatra, J. (2023). Virtual Reality in Vocational Education and Training: Challenges and Possibilities. Journal of Digital Learning and Education, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.52562/jdle.v3i1.602.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Septikasari, R., & Frasandy, N. R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.

Setiawati, D., & Fatmawati, F. (2023). Pendekatan Paradigma Pedagogik Reflektif Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Di Abad 21. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 12. https://doi.org/10.24114/ph.v8i1.40438.

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506.

Simanjuntak, A. (2022). Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Menggunakan Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom Pada Siswa Kelas Xi Ips-1 Sma Negeri 1 Siborongborong. 39–52.

Simanullang, E. L. K., & Prijanto, J. H. (2022). Efektivitas Metode Tanya Jawab Teknik Probing-Prompting Untuk Membangun Keaktifan Siswa X Ips Pada Mata Pelajaran Geografi. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun …, 2(01), 24–39.

Sukirman, Arif Reza, W., & Sujalwo. (2019). Media Interaktif Berbasis Virtual Reality untuk Simulasi Bencana Alam Gempa Bumi dalam Lingkungan Maya. 5(1), 99–107.

Susantyo, M. I. A. N., Sahrina, A., Soekamto, H., & Bachri, S. (2023). Media Video Blogging pada Microlearning Materi Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 96–108. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59677.

Sutarsyah, C., Ningsih, A. S., Aidar, H., Corne, K. V., Rahma, N. H., Maosyaroh, Haryanto, S., & Utami, T. (2022). JURNAL PENGABDIAN SOSIAL INDONESIA ( Journal of Indonesian Social Service ). Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 1(1), 26–31.

Suyatinah. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi melalui Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation. 6(3), 280–287.

Tambunan, N. (2020). Penerapan Metode Probing Prompting Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa AMIK Mitra Gama Application of the Probing Prompting Method To improve Mathematics Learning Activities and Learning Outcomes at Amik Mitra Gama Novidawa. Edu-Sains, 9(1).

Theriana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Nurul Amal. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 13(01), 12–26. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v13i01.963.

Zeitlhofer, I., Zumbach, J., & Aigner, V. (2023). Effects of Pedagogical Agents on Learners’ Knowledge Acquisition and Motivation in Digital Learning Environments. Knowledge, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.3390/knowledge3010004.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Rahma, N. A., Soekamto, H. ., & Masruroh, H. (2024). Model Probing Prompting Menggunakan Media Virtual Reality Materi Mitigasi Bencana untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi SMA. Journal of Education Action Research, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.67448

Issue

Section

Artikel