Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka

Authors

  • Rinda Ristiyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Moh. Chairil Asmawan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.68688

Keywords:

Karakter, Pramuka, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Orang tua lebih mengutamakan aspek kecerdasan otak daripada pembentukan karakter, sehingga berdampak karakter siswa yang kurang baik. Penelitian bertujuan untuk menganalisis program - program, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat pramuka dalam pembentukan karakter siswa. jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina pramuka, dan peserta didik. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertama, Program pramuka antara lain: kegiatan perkemahan, pelatihan ketrampilan, lomba pramuka, serta kegiatan sosial. Kedua, pelaksanaan program pramuka yaitu penjadwalan kegiatan, pembentukan pasukan, guru pendamping pramuka, pembelajaran nilai, pelatihan dan pembekalan ketrampilan, perkemahan dan kegiatan lapangan serta evaluasi dan penghargaan. Ketiga, faktor pendukung program pembentukan karakter antara lain: komitmen sekolah, guru pendamping yang berpengalaman, partisipasi aktif peserta didik, dan dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya: keterbatasan sumber daya, kurangnya waktu yang tersedia, dan minimnya kesadaran dan minat peserta didik.

References

Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520.

Erliani, S. (2017). Peran Gerakan Pramuka Untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, VII(1). https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v7i1.2020.

Fatmawati, Lahming, Asrib, A. R., Pertiwi, N., & Dirawan, G. D. (2018). The Effect of Education Level on Farmer’s Behavior Eco-Friendly to Application in Gowa, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012016. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012016

Fatmawati, N., & Pranoto, Y. K. S. (2020). The Study of Early Childhood Character in Semurup Rawa Pening Hamlet Semarang Regency. BELIA: Early Childhood Education Papers, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.15294/belia.v9i1.28671. DOI: https://doi.org/10.15294/belia.v9i1.28671

Fauziah, A. S., & Sudarwati, N. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka. Kontribusi, 3(2). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141

Febiyanti, F., Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389. DOI: https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389

Haryanto, & Suhendri, H. (2014). Efektivitas Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Edutech, 13(3). https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091

Hero, H., Pendidikan, J., Sekolah, G., Nipa, N., & District, W. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 308–314. https://doi.org/10.5281/zenodo.4699306.

Hidayat, & Mumtazah. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin Pada Ekstrakurikuler Drum Band Di Mi Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 21–37. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13349. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13349

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Jatmiko, T. A., Supriyanto, A., & Nurabadi, A. (2020). Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p11. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p11

Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994

Larasati. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6).

Lee, C.-K. J., & Huang, J. (2021). The relations between students’ sense of school belonging, perceptions of school kindness and character strength of kindness. Journal of School Psychology, 84. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.12.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.12.001

Luthviyani, Setianingsih, & Handayani. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122

Marini, A., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Nuraini, S., Nafiah, M., Iskandar, R. (2021). Mobile Web-Based Character Building for Enhancement of Student Character at Elementary Schools: An Empirical Evidence. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(21), 37. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i21.24959. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v15i21.24959

Metcalfe, J., & Moulin-Stozek, D. (2020). Religious education teachers’ perspectives on character education. British Journal of Religious Education. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049. DOI: https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis.

Mufidah, M., & Jamain, R. R. (2020). The Implementation of Character Education in Kindergarten. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.10 DOI: https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.10

Nasrulloh, E., & Yanto, A. (2021). Hubungan Perilaku Pencarian Informasi dengan Pengalaman Sebagai Anggota Pramuka. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(2), 165–187. https://doi.org/10.14710/anuva.5.2.165-187. DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.5.2.165-187

Panjaitan, M., Sitepu, A., Gaol, R. L., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Pramuka Terhadap Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sdn 106144. Junal Educatio, 6(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.569.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Prayoga, A. (2019). Pengaruh kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Purwanto, A. (2022). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori dan Contoh Praktis. Penerbit P4I.

Rahmayani, S., Ramadan, & Hadikusuma, Z. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779

Rahmi, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5136–5142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1640. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1640

Risabethe, A., & Astuti, B. (2017a). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498.

Risabethe, & Astuti. (2017b). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498.

Rodrigues, H. P. C., & Ávila de Lima, J. (2021). Instructional leadership and student achievement: school leaders’ perspectives. International Journal of Leadership in Education, 00(00), 1–25. https://doi.org/10.1080/13603124.2020.1869312. DOI: https://doi.org/10.1080/13603124.2020.1869312

Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26. DOI: https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26

Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. MANAZHIM, 3(1), 110–126. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075.

Rozi, F., Hasanah, U., & Jadid, U. N. (2021). Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Pesantren. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 3, 110–126. https://doi.org//10.36088/manazhim.v3i1.1075. DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075

Rudi, H. (2020). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik: Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Kota Cilegon-Banten. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 51–73. https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i1.76.

Safitri, M. L. O., Mustadi, A., & Retnawati, H. (2021). The The Role of Teachers in Implementation Social Care Education Character at Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1315. DOI: https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1315

Shodiq, W. (2022). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Kepramukaan Golongan Pramuka Penegak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2019), 12364–12369. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4426.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R & D (Cetakan ke). Bandung: Bandung: Alfabeta.

Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-Loving-Caring (Asah-Asih-Asuh) and Semi-Military Education on Character Education Management. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2). https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452

Tesya Feblyna, A. W. (2020). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1132–1141. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.576.

Trisiana, A., Sugiaryo, & Rispantyo. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059. DOI: https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059

Wardani, S., & Wibowo, P. (2021). Implementasi Pembinaan Kepribadian Pramuka Dalam Upaya Peningkatan Moralitas Narapidana Di Rutan Kelas I Surakarta. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 914–922. https://doi.org/10.31604/jips.v8i5.2021.914-922.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2). https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498

Widiyasanti, Margareta, & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Yuliana, Y., Putra, M. J. A., & Antosa, Z. (2020). Faktor-Faktir Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengikuti Aktivitas Pramuka Penggalang. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.31258/jta.v3i2.210-226. DOI: https://doi.org/10.31258/jta.v3i2.210-226

Zai, K., & Harefa, A. (2023). Pembentukan Sikap Kepemimpinan Melalui Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 1 Tuhemberua. KAUKO: Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 68–77. https://doi.org/10.56207/kauko.v1i1.117.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Rinda Ristiyani, & Moh. Chairil Asmawan. (2023). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka. Journal of Education Action Research, 7(4), 535–543. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.68688