Efektivitas Media Mind Mapping Menggunakan Powerpoint di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69490Keywords:
Mind Mapping, Powerpoint, ADDIEAbstract
Industri 4.0 menekankan pentingnya keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah. Pendidikan harus lebih fokus pada pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif untuk mempersiapkan siswa menjadi penerus bangsa yang mampu menghadapi tantangan dimasa depan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Sehingga berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Mind Mapping menggunakan Powerpoint pada Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru beserta peserta didik yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 9 perempuan dan 14 laki-laki. Produk yang sudah dihasilkan berupa media interaktif Mind Mapping yang terlebih dahulu sudah diuji validitasnya oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa serta ahli media. Pengumpulan data digunakan metode non tes berupa lembar kuesioner. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media mind mapping menggunakan powerpoint valid dan layak digunakan pada Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka kelas IV SD.
References
Abdurahman, & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Adhiyasa, I. M. (2022). Penggunaan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 83 – 94. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566683.
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546. DOI: https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Anggreni, N. L., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 214. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715
Antara, I. G. W. S., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559.
Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511
Arya, L., Dewi, K., Putra, M., Gede, I. B., & Abadi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27272.
Azizah, T. N., Ruminiati, & Zainuddin, M. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Mind Mapping berbasis Pendek. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 3(1), 121 — 124. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10400.
Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269–279. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26615. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26615
Derayati, A. K. T., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kelas X OTKP Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 142–146.
Dharmayani, N. P. A. G., Agung, A. A. G., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 317–327. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54767. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54767
Gantina, N. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1). https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384. DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384
Holiyani, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas Vi Sd Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243. DOI: https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243
Huda, M. M., Sutomo, M., & Mashudi. (2023). Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Nahwu Pada Bab Fa’il Menggunakan Powerpoint Di Kelas III Ibtida’ Madrasah Diniyyah Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember. Fajar: Jurnnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.56013/fj.v3i1.1836.
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. Retrieved from https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/665.
Mahadewi, L. P. P., Tegeh, I. M., & Sari, G. A. P. P. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Prakarya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Mimbar Ilmu, 24(2), 194. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.
Mardita, M., Alim, J. A., Hermita, N., & Wijaya, T. T. (2022). PENGEMBANGAN LKPD STEM BERBASIS MIKiR MATERI PERISKOP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 398. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4676. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4676
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544
Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1). https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAMelalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(2), 287–294. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520
Rasidah, H. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Iman Kepada Kitab Allah Melalui Media Microsoft Powerpoint Di Smp Negeri 2 Demak. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(2), 179–194. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13079. DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13079
Reza, R., Ellyawati, N., & Masyanah, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Dengan Powerpoint Di Sma Islam Terpadu Granada Samarinda. PROMOSI : Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 9(1). https://doi.org/10.24127/pro.v9i1.3835. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v9i1.3835
Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 15–30. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i2.44. DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.44
Rizko, U., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Siregar, D. S., & Ananda, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1924–1935. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2340. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2340
Sudarsono, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(08).
Susanti, S. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 Kota Bengkulu : Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2). Retrieved from https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/305.
Syafri Maulana Iqbal. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Republik Indonesia 1 Pati). Spirit Edukasia, 2(1). Retrieved from https://journal.upgris.ac.id/index.php/spiritedukasia/article/view/11579.
Tuto, Y. A., Hakim, A. R., & Wadu, L. B. (2020). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 311–322. https://doi.org/https://conference.unikama.ac.id/artikel.
Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA, 8(2), 317. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093
Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088. DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mutiara Zenitha Asra, Reinita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.