Bentuk Kesalahan Pengucapan Baku Bahasa Indonesia dalam Acara Resmi di Televisi Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.70047Keywords:
Pengucapan Baku, Bahasa Indonesia, Media TelevisiAbstract
Kesulitan Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bentuk kesalahan pengucapan baku bahasa Indonesia dalam acara resmi di televisi Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskrptif kualitatif yaitu mengklasifikasikan data dengan cara menonton, menyimak, dan mendengarkan acara televisi dan mencatat serta memastikan data yang ditemukan berdasarkan kesalahan pengucapannya. Setiap data kesalahan dipisahkan dari setiap stasiun televisi dan akan terlihat kesalahan pengucapan baku bahasa Indonesia secara tertulis dari setiap sumber data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik simak dan catat. Teknik analisis data dengan prosedur analisis kesalahan berbahasa yaitu identifikasi data, klasifikasi data, dan penentuan frekuensi kesalahan. Sumber data penelitian ini berupa bahasa lisan yang mengandung kesalahan pengucapan baku bahasa Indonesia pada berita televisi yang ada di televisi Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan pengucapan bahasa Indonesia baku, dan kesalahan tersebut termasuk ke dalam kesalahan antarbahasa (interlanguage erros) yaitu, (a) Transfer bahasa (language transfer), (b) Transfer latihan (transfer of traning). Kurangnya perhatian para pembawa acara, dan reporter di televisi Indonesia untuk memartabatkan bahasa Indonesia baku. Hal ini karena kurangnya motivasi dalam bersikap tentang pengucapan baku bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat membantu stasiun-stasiun pertelevisian di Indonesia dalam memartabatkan pengucapan baku bahasa Indonesia, serta perlunya diadakan pelatihan berbahasa Indonesia oleh lembaga yang berwenang.
References
Anwar, S., Supriadi, S., Pasiska, P., Sauti, S., Maliki, U., Ngatiyah, C., & Pudralisa, D. (2021). Reportase Media Asik. Jurnal Khabar Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 83–90. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/khabar/article/view/292. DOI: https://doi.org/10.37092/khabar.v3i1.292
Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121–132. https://doi.org/10.30829/eunoia.v1i2.1136. DOI: https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1136
Erikasari, E., Agustin, A., & Hidayat, D. (2021). Peranan Refleksi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Manajemen Kelas. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 96. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.2124. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.2124
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Firman, A. D., Heksa, B. P. ., Sukmawati, N. F. ., & Rahmawati, N. F. . (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP Di Kota Kendari. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(1). https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636
Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik, 1(1), 8–18. https://silistik.ejournal.unri.ac.id/index.php/js/article/view/4.
Indrayanto, B., & Yuliastuti, K. (2017). Fenomena Kesantunan Tuturan dalam Bahasa Jawa. Magistra, 29(101), 79–84. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=604158&val=6820&title=FENOMENA KESANTUNAN TUTURAN DALAM BAHASA JAWA.
Irwansyah, N., Safira, R., & Lamalinga, S. F. (2022). Analisis Kesalahan Fonologi pada Program Acara Kick Andy di Stasiun Televisi Metro Tv. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 17(1). https://doi.org/10.26499/loa.v17i1.4591. DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v17i1.4591
Juliantari, N. K. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Dunia Nyata. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I, 4(April), 217–228. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23752.
Kusuma, Y. (2020). Analisis Komunikatif Peserta Didik Pada Pokok Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(3), 102–112. https://www.siducat.org/index.php/dawuh/article/view/150.
Laelasari, L., Oktavia, L., & Mustika, I. (2018). Pengaruh bahasa alay terhadap penggunaan bahasa indonesia di kalangan mahasiswa ikip siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(5), 675–680. https://doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.967.
Madina, L. O. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Berkomunikasi. Journal of Dedication to Papua Community, 2(2). https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.47. DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.47
Maghfirotun, K., & Robik, M. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Siswa Kelas V melalui Pembiasaan Berbahasa. Ibtida’, 02(01), 61–68. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.172. DOI: https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.172
Mohamad Johan, G. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 136–149. https://doi.org/10.17509/bs. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12153
Mujianto, G. (2020). Humanisasi pembelajaran keterampilan berbahasa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://eprints.umm.ac.id/86642/.
Nisa, H. U., & Supriyanto, T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V5I2.13083.
Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114–119. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/422/266.
Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100. https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105. DOI: https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105
Rahayu, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Tentang Peraturan Kebahasaan terhadap Sikap Bahasa Pengusaha Kuliner di Kabupaten Pringsewu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 6(1). https://doi.org/10.26499/rnh.v6i1.260. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v6i1.260
Samsuddin, G., Irman, R., & Khaedar, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Kelas VI SD Inpres Manggala Kecamatan Manggala Kota Makassar. EDULEC: Education, Language and Culture Journal, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.56314/edulec.v1i1.2.
Soulisa, I. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Baik Dan Benar Dalam Kelompok Kecil Kalangan Mahasiswa Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Victory Sorong. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2785. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2785
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitiatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sumardi, A. (2018). Analisis Kesalahan Fonologi pada Tuturan Pembawa Acara Pagi-Pagi NET TV. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2760.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Syahputra, E., Jannah, M., Fadillah, S. I., & Manurung, S. S. D. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia Dikalangan Mahasiswa Zaman Modern Melalui Sosial Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 275–278. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2538. DOI: https://doi.org/10.37676/mude.v1i1.1975
Triyanto, T., Fauziyah, F. A., & Hadi, M. T. (2019). Bahasa Sebagai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i1.1145. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i1.1145
Ummul, K. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Wahyuni, W. (2018). Analisis Maksim Kesantunan Berbahasa Indonesia Dakwah Ustaz Nur Maulana Melalui Trans TV. Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, 1–19. http://eprints.unm.ac.id/9456/.
Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 03(02), 1–13. https://doi.org/10.30651/lf.v3i2.3102.
Winata, N. T. (2019). Analisis kesalahan ejaan bahasa indonesia dalam media massa daring (detikcom). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 115–121. https://doi.org/10.31943/bi.v4i2.52. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v4i2.52
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Yildirim, S. (2017). Approaches of Designers in the Developed Educational Purposes of Infographics ’ Design Processes. European Journal of Education Studies, 3(1), 248–284. https://doi.org/10.5281/zenodo.231283.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Emmy Erwina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.