Penggunaan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Materi Membangun Masyarakat Yang Beradab
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76391Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, IPASAbstract
Permasalahan dalam pembelajaran saat ini adalah kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran dan beberapa guru yang tidak menggunakan berbagai perangkat pembelajaran yang tepat dan efektif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas penggunaan media interaktif berbasis flipbook terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS tentang membangun masyarakat yang beradab. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas IV SD yang berjumlah 57 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu penggunaan media flipbook kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flipbook cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPAS Materi Membangun Masyarakat yang Beradab Siswa Kelas IV SD.
References
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023.
Amril, O., Kartika, D., Izmayanti, D. K., & Immerry, T. (2022). Bunpo: a Course in Japanese Literature With Using a Project-Based Learning Model. Curricula : Journal of Teaching and Learning, 7(3), 135–145. https://doi.org/10.22216/curricula.v7i3.1533.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Arifin, A. syamsul, & Lestari, E. S. (2020). Genetics bacterial teaching materials development based on flipbook in microbiology subject to improve learning motivation. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 202–211. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i2.862.
Ayu, Manu, & Priantini. (2020). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4, 448–455. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608.
Devi, A. C., Untari, E., & Madyono, S. (2020). Smart Cards as learning Media For The Development of The Match Index Card Method on The Theme of “Cita-Citaku”Class IV Elementary Learning. 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.2012204.019.
Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.
Evenddy, S. S., Hamer, W., Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2021). The Development of 3D Flipbook E-Learning Module of English Mathematics Profession. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012017.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, Marhamah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134–143. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862.
Halimah, W., Octafianus, P., Jamahsari, F. N., & Dasmo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Mind Mapping Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas 11. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 100–107. https://doi.org/10.30998/sch.v2i2.4360.
Hanesty, E., Neviyarni, N., & Karneli, Y. (2020). Factors affecting student learning motivation during the Covid-19 pandemic. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 02(1), 100–107. https://doi.org/10.24036/005404ijaccs.
Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M. H., Indriwati, S. E., & Omar, N. (2018). The effectiveness of scientific approach using encyclopedia as learning materials in improving students’ science process skills in science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.14459.
Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411.
Inawati, A., & Puspasari, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 96–108. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p96-108.
Jesionkowska, J., & Wild, F. (2020). Active Learning Augmented Reality for STEAM Education — A Case Study. Education Sciences, 10(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10080198.
Marchand Martella, A., Yatcilla, J. K., Park, H., Marchand-Martella, N. E., & Martella, R. C. (2021). Investigating the active learning research landscape through a bibliometric analysis of an influential meta-analysis on active learning. SN Social Sciences, 1(9), 1–24. https://doi.org/10.1007/s43545-021-00235-1.
Masithoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal BELAINDIKA ( Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80.
Nkhoma, M., Sriratanaviriyakul, N., & Quang, H. L. (2017). Using case method to enrich students’ learning outcomes. Active Learning in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1177%2F1469787417693501.
Opidianto, M., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2021). Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39143.
Orhan Göksün, D., & Gürsoy, G. (2019). Comparing success and engagement in gamified learning experiences via Kahoot and Quizizz. Computers & Education, 135. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.015.
Prisila, E., Riska, N., & Kandriasari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Panduan Praktikum Sequence Of Service Pada Mata Kuliah Tata Hidang. Risenologi: Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa, 6(2), 9–16. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.62.182.
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334.
Rejeki, Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351.
Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1). https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147.
Roemintoyo, R., & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology, 5(1), 8. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32362.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. PENDIDIKAN : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012.
Sefriani, R., & Sepriana, R. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.76.
Surya, A. D., Sumarno, S., & Muhtarom, M. (2023). Analisis Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3190.
Susilawati, E., Puspitasari, D., Kusumadewi, F., & Nuryanih, L. (2021). Modifikasi Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Tahun 2020. Jurnal Mutiara Ners, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i1.1297.
Thomassen, G., Van Passel, S., & Dewulf, J. (2020). A review on learning effects in prospective technology assessment. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 130(May), 109937. https://doi.org/10.1016/j.rser.2020.109937.
Triwahyuningtyas, D., Ningtyas, A. S., & Rahayu, S. (2020). The problem-based learning e-module of planes using Kvisoft Flipbook Maker for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 8(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i2.34446.
Wati, S., Nurlaila, & Oktaviani, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Provide Food and Beverage Service dengan Standar KKNI Sebagai Persiapan Uji Kompetensi. JPP (Jurnal Pendidikan dan Perhotelan), 1(November), 26–38. https://doi.org/10.21009/jppv1i2.03.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.
Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.25-30.
Zulkifli, Z., Kristiawan, M., & Sasongko, R. N. (2022). Improving Students’ Active Learning Through Demonstration Method. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan, 14(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2313.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khairullah Awaludin, Sigit Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.