Media Pembelajaran Video Animasi IPAS Materi Mengenal Bumi Kita Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.79471Keywords:
Video Animasi, Hasil Belajar, KognitifAbstract
Pembelajaran IPAS yang disampaikan guru masih menggunakan metode ceramah, guru hanya memfokuskan hafalan teori tanpa melibatkan peserta didik. Hal ini membuat hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPAS Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa SD. Sampel penelitian yakni siswa kelas VA sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dan instrument pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik inferensial. Data kompetensi pengetahuan IPAS kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata skor hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif serta siswa mampu secara aktif dalam proses pembelajaran.
References
Abidah, M. A., Suryanto, T. L. M., & Ridwandono, D. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Learning Management System dengan Model UTAUT. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(2), 133. https://doi.org/10.36448/expert.v12i2.2795. DOI: https://doi.org/10.36448/expert.v12i2.2795
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121
Aeni, A. N., Aprilia, D., Putri, N. A., & Afriyanti, A. (2022). Penggunaan Video Animasi DESI (Deskriptif, Edukatif, Smart dan Interaktif) Mengenai Sistem Pembayaran Shopee Pay Later dalam Pandangan Ekonomi Islam sebagai Sarana Edukatif bagi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1041. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243–251. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 64–73. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35. DOI: https://doi.org/10.54443/injoe.v1i1.5
Bua, M. T. (2022). Efektivitas media animasi pada keterampilan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348
Fisabilillah, F. F. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hade, O. A., Helvina, M., & Yufrinalis, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas IV SDK 077 Kewapante. Journal on Education, 5(3), 6681–6687. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448
Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal on Education, 5(2), 5289–5296. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1098. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1098
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Huda, Irkham Abdaul, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756
Karyada, I. P. F., Wardana, I. P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(1). https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.45189.
Mariani, N. N., Saputra, I. M. B., & Mariana, I. M. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Selama Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iii Di Sd Saraswati 1 Denpasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), 1–7. https://doi.org/10.25078/aw.v7ii.800. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.800
Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381. DOI: https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. . (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Religion Education Social Laa Roiba Journal (RESLAJ), 4(1), 34–41. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974
Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575
Susilo, A. (2019). Membangun Brand Awareness Menggunakan Strategi Cyber Pr Pada Perusahaan Start-Up Di Indonesia. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 32–46. https://doi.org/10.21009/communicology.14.02. DOI: https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.14.02
Syahroni, I. (2021). Dampak Penghargaan Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/pip.351.4. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.351.4
Tesya Feblyna, A. W. (2020). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1132–1141. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.576.
Ula, W. R. R., Nugraha, Y. A., & Rohim, D. C. (2022). Pengaruh Reward and Punishment terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 207–212. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p207-212. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p207-212
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Eka Arisandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.