Media Pembelajaran Video Animasi IPAS Materi Mengenal Bumi Kita Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Eka Arisandi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.79471

Keywords:

Video Animasi, Hasil Belajar, Kognitif

Abstract

Pembelajaran IPAS yang disampaikan guru masih menggunakan metode ceramah, guru hanya memfokuskan hafalan teori tanpa melibatkan peserta didik. Hal ini membuat hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPAS Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa SD. Sampel penelitian yakni siswa kelas VA sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dan instrument pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik inferensial. Data kompetensi pengetahuan IPAS kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata skor hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif serta siswa mampu secara aktif dalam proses pembelajaran.

References

Abidah, M. A., Suryanto, T. L. M., & Ridwandono, D. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Learning Management System dengan Model UTAUT. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(2), 133. https://doi.org/10.36448/expert.v12i2.2795. DOI: https://doi.org/10.36448/expert.v12i2.2795

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Aeni, A. N., Aprilia, D., Putri, N. A., & Afriyanti, A. (2022). Penggunaan Video Animasi DESI (Deskriptif, Edukatif, Smart dan Interaktif) Mengenai Sistem Pembayaran Shopee Pay Later dalam Pandangan Ekonomi Islam sebagai Sarana Edukatif bagi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1041. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243–251. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 64–73. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35. DOI: https://doi.org/10.54443/injoe.v1i1.5

Bua, M. T. (2022). Efektivitas media animasi pada keterampilan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501

Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348

Fisabilillah, F. F. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562

Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hade, O. A., Helvina, M., & Yufrinalis, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas IV SDK 077 Kewapante. Journal on Education, 5(3), 6681–6687. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448

Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal on Education, 5(2), 5289–5296. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1098. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1098

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Huda, Irkham Abdaul, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756

Karyada, I. P. F., Wardana, I. P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(1). https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.45189.

Mariani, N. N., Saputra, I. M. B., & Mariana, I. M. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Selama Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iii Di Sd Saraswati 1 Denpasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), 1–7. https://doi.org/10.25078/aw.v7ii.800. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.800

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381. DOI: https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. . (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Religion Education Social Laa Roiba Journal (RESLAJ), 4(1), 34–41. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974

Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575

Susilo, A. (2019). Membangun Brand Awareness Menggunakan Strategi Cyber Pr Pada Perusahaan Start-Up Di Indonesia. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 32–46. https://doi.org/10.21009/communicology.14.02. DOI: https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.14.02

Syahroni, I. (2021). Dampak Penghargaan Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/pip.351.4. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.351.4

Tesya Feblyna, A. W. (2020). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1132–1141. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.576.

Ula, W. R. R., Nugraha, Y. A., & Rohim, D. C. (2022). Pengaruh Reward and Punishment terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 207–212. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p207-212. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p207-212

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Ni Putu Eka Arisandi, & I Wayan Ilia Yuda Sukmana. (2024). Media Pembelajaran Video Animasi IPAS Materi Mengenal Bumi Kita Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(3), 398–407. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.79471