Media Pembelajaran Bulletin Board Display Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Subtema Manusia Dan Lingkungan

Authors

  • I Gede Hendra Wiranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Media Bulleting Board Display, Tri Hita Karana, Minat Belajar

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mengandung nilai-nilai  luhur, berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa. Ditambah dengan budaya belajar yang semakin tergerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Bulletin Board Display bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 1 guru dan 33 siswa. Data dikumpulkan melalui angket penilaian materi, penilaian media, respon guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini yaitu validitas media Bulletin Board Display sebesar 93% yang tergolong sangat valid. Kepraktisan guru sebesar 96% tergolong sangat praktis, kepraktisan siswa sebesar 90,8% tergolong sangat praktis.’Hasil uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa setelah menggunakan media Bulletin Board Display bermuatan Tri Hita Karana. Disimpulkan baha media Bulletin Board Display efektif digunakan pada pembelajaran IPA siswa kelas V subtema Manusia dan Lingkungan.

Published

2024-08-15

How to Cite

Hendra Wiranata, I. G., & I Ketut Gading. (2024). Media Pembelajaran Bulletin Board Display Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Subtema Manusia Dan Lingkungan. Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/80647