Media Pembelajaran Bulletin Board Display Bermuatan Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Subtema Manusia dan Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.80647Keywords:
Media Bulleting Board Display, Tri Hita Karana, Minat BelajarAbstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mengandung nilai-nilai luhur, berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa. Ditambah dengan budaya belajar yang semakin tergerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Bulletin Board Display bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 1 guru dan 33 siswa. Data dikumpulkan melalui angket penilaian materi, penilaian media, respon guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini yaitu validitas media Bulletin Board Display sebesar 93% yang tergolong sangat valid. Kepraktisan guru sebesar 96% tergolong sangat praktis, kepraktisan siswa sebesar 90,8% tergolong sangat praktis.’Hasil uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa setelah menggunakan media Bulletin Board Display bermuatan Tri Hita Karana. Disimpulkan baha media Bulletin Board Display efektif digunakan pada pembelajaran IPA siswa kelas V subtema Manusia dan Lingkungan.
References
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023.
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) IPA Model (OPPEMEI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. JISD: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 309–323. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190.
Allo, W. B., Trimiliani, W., & Pedawana, E. (2022). Bulletin Board Sebagai Media Presentasi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Apokalupsis, 13(2). https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i2.66.
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.
Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202.
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.
Bressington, D., Badnapurkar, A., Inoue, S., Ma, H. Y., Chien, W. T., Nelson, D., & Gray, R. (2018). Physical health care for people with severe mental illness: The attitudes, practices, and training needs of nurses in three asian countries. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(2), 11–13. https://doi.org/10.3390/ijerph15020343.
Dewi, Y. A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211–231. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830.
Fadhillah Akbar, H., & Sofian Hadi, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143.
Fitriani, N. L. P., & Yudiana, K. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386.
Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Pedagogy, 7(3). https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726.
Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.
Hasanah, N., Ishartiwi, & Hayati, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Media Bulletin Board pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 124–133. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1486.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.
Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896.
Larasati, A. P., Supratman, & Noviati, W. (2024). Pemberdayaan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi Media Bulletin Board Konsep Keanekaragaman Hayati. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 227–235. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.567.
Lestari, N., & Putri, R. I. I. (2020). Using the Palembang’s Local Context in PISA-Like Mathematics Problem for Analyze Mathematics Literacy Ability of Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 169–182. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.6708.169-182.
Mariyani, A., Siswanto, Pratama, M. Y., & Ningrum, I. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Kelompok Kerja Guru (Kkg) Gugus Cokroaminoto Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Abdi Masya, 2(1), 33-41. https://doi.org/10.52561/abma.v2i1.219.
Muhardini, S., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Sd Berbasis Buletin Board Display Untuk Membentuk Kemampuan Literasi Siswa. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i2.29.
Muhardini, S., & Mariyati, Y. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Tematik Bulletin Board Display Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 3(1). https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1441.
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411.
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Wulandari, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Melalui Media Display Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Keanekaragaman Suku Bangsa Kelas 4 Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.243.
Parameswara, M. C., & Furnamasari, Y. F. (2023). Penerapan Media “Bulletin Board” pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Journal on Education, 6(1), 3523–3535. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3448.
Permana, I. M. A. D., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Video Pembelajaran Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 66–79. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.58990.
Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34.
Putri Wangi, I. D. A., & Gede Angung, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 150. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355.
Rachmawati, I., Supriyono, & Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.32-44.
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390.
Sartika, I. D. (2019). Implementası Medıa Bulletın Board dalam Menıngkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dı Tk PAUD Anak Bangsa Kota Palembang Provınsı Sumatera Selatan. An-Nisa, 12(1), 537–548. https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.449.
Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3), 363. https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454.
Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779.
Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
Wulandari, A., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 225. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gede Hendra Wiranata, I Ketut Gading, I Wayan Widiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.