Media Pembelajaran Podcast Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Authors

  • Rika Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rina Devianty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Podcast, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Kesulitan siswa dalam menghasilkan dan mengembangkan ide, serta mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, dan fantasi yang diungkapkan dalam puisi. Berdampak terhadap kurang optimalnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sebelum menggunakan media podcast. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri atas sebelas kelas. Instrumen untuk mengumpulkan data hasil belajar peserta didik adalah tes menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu mencari normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi setelah menggunakan media podcast dengan dapat tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Podcast berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh dan dikembangkan menjadi media yang lebih bermanfaat untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna.

Published

2024-08-15

How to Cite

Putri, R. A., & Rina Devianty. (2024). Media Pembelajaran Podcast Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/82030