Project-Based Learning Berbasis Entrepreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Kelas X

Authors

  • Safrilla Rahma Marshella Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Sajidan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Dwi Oetomo Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Idam Ragil Widianto Atmojo Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.84214

Keywords:

Berpikir Kreatif, Entrepreneurship, Kemandirian, Project Based Learning, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Pembelajaran biologi yang dilakukan masih bersifat teoritis dengan menggunakan metode ceramah, siswa mendapatkan materi langsung dari guru sehingga siswa kurang inisiatif dalam belajar. Hasil persentase tingkat berpikir kreatif dan kemandirian siswa juga rendah yang ditunjukkan melalui penyebaran angket pada kegiatan prasiklus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Project-based learning  berbasis entrepreneurship pada materi pencemaran lingkungan di kelas X terhadap tingkat berpikir kreatif dan kemandirian siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian merupakan siswa kelas XE 5 berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan tes berupa pemberian lembar tes yang disesuaikan dengan aspek berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration dan non tes berupa lembar angket,  wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Teknik validitas instrumen dilakukan dengan uji validitas. Hasil penelitian, menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan nilai dan persentase angket berpikir kreatif dan kemandirian peserta didik dari mulai pratindakan atau prasiklus, kemudian siklus 1, dan siklus 2. Simpulan menunjukkan penerapan model pembelajaran project-based learning berbasis entrepreneurship pada pembelajaran biologi untuk materi pencemaran lingkungan berdampak pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian peserta didik.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Safrilla Rahma Marshella, Sajidan, Dwi Oetomo, & Idam Ragil Widianto Atmojo. (2024). Project-Based Learning Berbasis Entrepreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Kelas X . Journal of Education Action Research, 8(4), 613–623. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.84214

Issue

Section

Artikel