Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn

Authors

  • Nani Mediatati Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Dionisius Heckie Puspoko Jati Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Jessica Sandi Mariana Situmorang Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

Keywords:

Keaktifan siswa, Motivasi, Metode Index Card Match

Abstract

Pembelajaran yang efektif ditunjukkan dengan adanya hubungan timbal balik antara siswa dan guru saat proses pembelajaran melalui penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Namun ditemukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak melibatkan siswa dan tidak memotivasi siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode index card match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas X. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa TPM B kelas X  SMK. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode flashcard match dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa dari pramenengah (20,58%) hingga Siklus I (61,76%) dan siklus II (82,35%). Simpulan penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan Pancasila dan UUD 1945 di kelas X dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga membuat siswa akan aktif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Published

2024-08-26

How to Cite

Nani Mediatati, Dionisius Heckie Puspoko Jati, & Jessica Sandi Mariana Situmorang. (2024). Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn . Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/84331