Aktualisasi Game Edukatif Digital Pada Perkembangan Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini

Authors

  • Nuryani Pancawati Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia
  • M Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia
  • Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86023

Keywords:

Permainan Edukasi, ABC Kids, Membaca, Literasi Menulis, Anak Usia Dini

Abstract

Proses membaca dan menulis yang belum optimal didasarkan pada kesulitan anakm usia dini dalam melafalkan dan menuliskan huruf abjad. Tujuan penelitian ini menganalisis penggunaan permainan edukatif ABC Kids berbasis digital terhadap kemampuan literasi baca tulis pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari website ABC Kids, anak usia dini, guru kelas, dan orang tua kelompok B1, B2, dan B3. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teori, metode, sumber, dan dilanjutkan ketekunan pengamat. Analisis data dengan deskriptif interkatif model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penggunaan permainan edukatif ABC Kids berbasis digital dilakukan dengan berbagai tahapan yang sistematis dan informatif. Proses belajar dalam permainan edukatif ABC Kids berbasis digital meningkatkan keterlibatan, interaksi sosial, respon terhadap instruksi, dan kemampuan literasi baca tulis anak-anak. Anak-anak menunjukkan antusiasme dan partisipasi yang tinggi, dengan interaksi yang positif antara anak, guru, dan orang tua. Peran permainan edukatif memberikan kontribusi efektif bagi anak usia dini dalam belajar mengembangkan kemampuan membaca dan menulis pada huruf abjad. Aktualisasi game edukatif sebagai perwujudan konsep belajar yang berdiferensiasi pada kurikulum merdeka.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Nuryani Pancawati, M Widayati, & Nurnaningsih. (2024). Aktualisasi Game Edukatif Digital Pada Perkembangan Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini. Journal of Education Action Research, 8(4), 624–635. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86023

Issue

Section

Artikel