Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Sekolah Dasar
Keywords:
Augmented Reality, Nilai Karakter, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter individu peserta didik khususnya berkaitan dengan profil pelajar pancasila, Selain itu kurangnya media interaktif berbasis digital yang digunakan dalam implementasi P5 di sekolah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development (RnD) yang bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Bahan Ajar Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta didik Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu 30 peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitati dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari instrumen angket validasi ahli, respon peserta didik dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Sedangkan data kualitatif di dapat melalui wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis sederhana dengan rumus persentase dan data kualitatif dianalisis dengn teknik qualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menujukkan penilaian dari ahli, respon peserta didik dan hasil pengamatan kegiatan peserta didik pada saat pembelajaran, maka Bahan Ajar Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta didik Sekolah Dasar dianggap layak dan cukup efektif digunakan dalam proses belajar pembelajaran di sekolah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misbah Binasdevi, Adi Abdurahman, Dela Yulia Azhara, Zayyin Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.