Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Misbah Binasdevi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon, Indonesia
  • Adi Abdurahman STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang, Jawa Barat, Indonesia
  • Dela Yulia Azhara UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon, Indonesia
  • Zayyin Aulia UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon, Indonesia

Keywords:

Augmented Reality, Nilai Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter individu peserta didik khususnya berkaitan dengan profil pelajar pancasila, Selain itu  kurangnya media interaktif berbasis digital yang digunakan dalam implementasi P5 di sekolah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development (RnD) yang bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Bahan Ajar Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta didik Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu 30 peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitati dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari instrumen angket validasi ahli, respon peserta didik dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Sedangkan data kualitatif di dapat melalui wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis sederhana dengan rumus persentase dan data kualitatif dianalisis dengn teknik qualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menujukkan penilaian dari ahli, respon peserta didik dan hasil pengamatan kegiatan peserta didik pada saat pembelajaran, maka Bahan Ajar Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta didik Sekolah Dasar dianggap layak dan cukup efektif digunakan dalam proses belajar pembelajaran di sekolah.

Published

2025-02-10

How to Cite

Misbah Binasdevi, Adi Abdurahman, Dela Yulia Azhara, & Zayyin Aulia. (2025). Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/89348

Issue

Section

Artikel