Penerapan Konsep Tri Hita Karana Sebagai Upaya Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Kepemimpinan Yang Harmonis Antar Warga Sekolah

Authors

  • Ida Ayu Ella Yuanita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Konsep Tri Hita Karana, Kepemimpinan, Harmonis

Abstract

Mengukur dampak penerapan konsep Tri Hita Karana terhadap penguatan pendidikan karakter kepemimpinan yang harmonis di sekolah masih menjadi tantangan. Beragam masalah, seperti meningkatnya individualisme, penurunan toleransi sosial, dan pengaruh media sosial, memerlukan pendekatan pendidikan karakter yang tidak hanya teoritis tetapi juga aplikatif. Penelitian ini bertujuan mengisi kesenjangan literatur dengan menyelidiki pengaruh penerapan konsep tersebut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif survei dengan kuesioner berbasis skala Likert untuk menganalisis pengaruhnya di kelas 6 SD. Hasil penelitian menunjukkan nilai F-hitung sebesar 8,653 dengan signifikansi 0,07 < 0,05, menandakan pengaruh signifikan. Koefisien determinasi (R square) sebesar 27,3% menunjukkan konsep Tri Hita Karana berkontribusi 27,3% terhadap penguatan pendidikan karakter kepemimpinan yang harmonis, sedangkan 72,7% dipengaruhi faktor lain. Hasil ini menegaskan efektivitas penerapan Tri Hita Karana dalam mendukung pendidikan karakter kepemimpinan yang harmonis, meskipun sebagian besar variasi tetap dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Penelitian ini memperkuat urgensi mengkaji faktor lain untuk pendekatan yang lebih komprehensif.

Published

2025-02-10

How to Cite

Ida Ayu Ella Yuanita. (2025). Penerapan Konsep Tri Hita Karana Sebagai Upaya Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Kepemimpinan Yang Harmonis Antar Warga Sekolah. Journal of Education Action Research, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/89879

Issue

Section

Artikel