Digitalisasi Konsep Tri Hita Karana Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar Untuk Membangun Kepemimpinan Berwawasan Lingkungan
Keywords:
Tri Hita Karana, pembelajaran IPA, kesadaran lingkungan, kepemimpinan, berwawasan lingkunganAbstract
Kurangnya integrasi antara pembelajaran sains dengan nilai- nilai budaya lokal menyebabkan siswa kehilangan kesempatan untuk mempelajari bagaimana ilmu pengetahuan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang selaras dengan prinsip-prinsip keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penerapan konsep Tri Hita Karana dalam pembelajaran IPA berbasis digital di SD Negeri untuk membangun kesadaran lingkungan dan kepemimpinan berwawasan lingkungan pada siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan siswa, guru IPA, dan kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi materi pembelajaran, dan kuesioner untuk menilai pemahaman siswa terhadap konsep tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Tri Hita Karana dalam pembelajaran IPA berbasis digital meningkatkan kesadaran lingkungan siswa dan membentuk karakter kepemimpinan yang peduli terhadap keberlanjutan alam. Pembelajaran berbasis digital juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam proyek pelestarian lingkungan, seperti kebun sekolah dan kampanye daur ulang, serta memperkuat kemampuan kolaborasi mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan konsep Tri Hita Karana dalam pembelajaran IPA berbasis digital dapat menjadi model yang efektif untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas akademis, tetapi juga memiliki kepemimpinan yang peduli terhadap kelestarian alam
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Putu Feni Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.