Pemberdayaan Bahasa dan Budaya Indonesia dalam Kanal YouTube BIPA Kemendikbud

Authors

  • Ghifara Firdausa Vidi Anjani Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia
  • Ina Hamung Putri Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia
  • Tantri Galih Romadona Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia
  • Wahyu Dini Septiari

Keywords:

Bahasa, Budaya, BIPA, YouTube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemberdayaan bahasa dan budaya Indonesia melalui kanal YouTube BIPA Kemendikbud sebagai media pembelajaran bagi penutur asing. Pendekatan bilingualisme, yang memanfaatkan pergantian kode dan bahasa ibu pemelajar diterapkan untuk memfasilitasi pemahaman bahasa dan budaya Indonesia secara mendalam. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kanal YouTube BIPA Kemendikbud. Penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap dan observasi tidak langsung, sehingga dapat mengevaluasi materi pembelajaran yang disajikan dalam kanal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini membantu meningkatkan kompetensi linguistik, pemahaman budaya, dan kepercayaan diri pemelajar dalam menggunakan bahasa Indonesia. Data dalam penelitian ini berupa seri video seperti Sahabatku Indonesia berfokus pada penyampaian materi dasar berbahasa Indonesia, seperti ucapan salam, kalimat ajakan, kata hubung dan lain-lain, sementara Bahan Alih Wahana BIPA dan Handai Indonesia memberikan wawasan budaya yang lebih kaya, seperti seni tradisional, kuliner, dan tokoh nasional. 

Published

2025-02-10

How to Cite

Ghifara Firdausa Vidi Anjani, Ina Hamung Putri, Tantri Galih Romadona, & Wahyu Dini Septiari. (2025). Pemberdayaan Bahasa dan Budaya Indonesia dalam Kanal YouTube BIPA Kemendikbud. Journal of Education Action Research, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/90906

Issue

Section

Artikel