GAMBARAN PENGELOLAAN TAMAN PENITIPAN ANAK DI TK FKIP UNIVERSITAS RIAU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12493Keywords:
Pengelolaan, Taman Penitipan Anak, Anak Usia Dini.Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan TPA di TK FKIP UR adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Taman Penitipan Anak di FKIP UR dengan jumlah indikator yang akan di teliti sebanyak 8 indikator dan 22 sub indikator manajemen pengelolaan TPA. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui gambaran pengelolaan TPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil persentase dari 8 indikator yaitu: Pengaturan fisik TPA FKIP UR sebesar (75%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Mainan dan Peralatan TPA FKIP UR sebesar (70%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Rasio pengasuh anak TPA FKIP UR sebesar (62,5%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Kegiatan sehari-hari TPA FKIP UR sebesar (100%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Kualifikasi pengasuh TPA FKIP UR sebesar (75%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Interaksi orang dewasa TPA FKIP UR sebesar (83,333%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Hubungan dengan orang tua TPA FKIP UR sebesar (100%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Perizinan dan akreditasi TPA FKIP UR adalah (75%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Secara umum manajemen pengelolaan TPA FKIP UR sudah dapat dikategorikan BAIK.References
Anas Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada
Depdiknas. 2010. Pedoman Teknik Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Dini P. Daeng Sari. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Deparetemen Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Pembinaan TK dan SD. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas
Elizabeth B. Hurlock. 1993 Perkembangan Anak,Jakarta: Erlangga.
Kemdikbud. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Kuntjono.2010. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta.
Luluk Asmawati, Dkk . 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.
Laura E.Berk. 2006. Child development. Library of congress Cataloging. Amerika
Nurlita. 2013. Program Pembelajaran PAUD. Pekanbaru
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional , Nomor 58 Tahun 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen pendidikan nasional. Jakarta.
Saifuddin Azwar. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Seefeldt, Carol dan Wasik Barbara A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Penterjemah: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks
Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soemardhi. 2005. Revisi: Ilmu administrasi sebagai pengantar. STKS Bandung.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suyadi. 2014. Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Zainal Aqib. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: Yerama Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)