GAMBARAN PENGELOLAAN TAMAN PENITIPAN ANAK DI TK FKIP UNIVERSITAS RIAU

Penulis

  • David Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12493

Kata Kunci:

Pengelolaan, Taman Penitipan Anak, Anak Usia Dini.

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan TPA di TK FKIP UR  adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Taman Penitipan Anak di FKIP UR dengan jumlah indikator yang akan di teliti sebanyak 8 indikator dan 22 sub indikator manajemen pengelolaan TPA. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui gambaran pengelolaan TPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil persentase dari 8 indikator yaitu:  Pengaturan fisik TPA FKIP UR sebesar (75%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Mainan dan Peralatan  TPA FKIP UR sebesar (70%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Rasio pengasuh anak TPA FKIP UR sebesar (62,5%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Kegiatan sehari-hari TPA FKIP UR sebesar (100%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Kualifikasi pengasuh TPA FKIP UR sebesar (75%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Interaksi orang dewasa  TPA FKIP UR sebesar (83,333%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Hubungan dengan orang tua TPA FKIP UR sebesar (100%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Perizinan dan akreditasi TPA FKIP UR adalah (75%) maka TPA FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Secara umum manajemen pengelolaan TPA FKIP UR sudah dapat dikategorikan BAIK.

Referensi

Anas Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada

Depdiknas. 2010. Pedoman Teknik Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Dini P. Daeng Sari. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Deparetemen Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Pembinaan TK dan SD. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas

Elizabeth B. Hurlock. 1993 Perkembangan Anak,Jakarta: Erlangga.

Kemdikbud. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Kuntjono.2010. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta.

Luluk Asmawati, Dkk . 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.

Laura E.Berk. 2006. Child development. Library of congress Cataloging. Amerika

Nurlita. 2013. Program Pembelajaran PAUD. Pekanbaru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional , Nomor 58 Tahun 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen pendidikan nasional. Jakarta.

Saifuddin Azwar. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Seefeldt, Carol dan Wasik Barbara A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Penterjemah: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks

Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soemardhi. 2005. Revisi: Ilmu administrasi sebagai pengantar. STKS Bandung.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suyadi. 2014. Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Zainal Aqib. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: Yerama Widya.

Diterbitkan

2017-12-06

Cara Mengutip

Chairilsyah, D. (2017). GAMBARAN PENGELOLAAN TAMAN PENITIPAN ANAK DI TK FKIP UNIVERSITAS RIAU. Journal of Education Reseach and Evaluation, 1(4), 292–299. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12493

Terbitan

Bagian

Articles