Importance-Performance Analysis Sebagai Alat Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.13652Keywords:
Kepuasan, Importance Performance Analysis, Pelayanan AkademikAbstract
Keberhasilan lembaga penyelenggara pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan yang dapat diukur melalui kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 2) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 3) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus tetap dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 4) apakah layanan yang diterima mahasiswa sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dimensi yang digunakan menyusun istrumen merupakan dimensi-dimensi yang menentukan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: 1) bukti langsung (tangible), 2) keandalan (Reability), 3) daya tanggap (Responsiveness), 4) jaminan (Assurance), dan 5) Empati (Emphaty). Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel berjumlah 321 responden yang diambil secara proporsional berdasarkan jumlah mahasiswa setiap jurusan. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, dilanjutkan dengan importance-performance analysis untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik secara umum adalah cukup baik dengan persentase tingkat kepuasan sebesar 68,97%. Hasil Importance-Performance Analysis menunjukkan terdapat 6 indikator pelayanan yang harus mendapat prioritas peningkatan dan 3 indikator pelayanan yang harus dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa.
References
Francisco J. Miranda, Antonio Chamorro, Luis R. Murillo, Juan Vega. 2010. An Importance-Perfomance Analysis of Primary Health Care Services: Managers Vs Patients Perceptions. Journal Service Science & Management. Vol 3 227-234
Handayani, R, Yermias T. K., & Ratminto. (2003). Analisis kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan nasional provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Sosiosains, vol 17(2), April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM, Yogyakarta.
Kotler, P. 2000. Marketing Management, Millenium Edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
Oliver, Richard L. 2010. Satisfaction : A Behavioral Perspective on the consumer. Routledge: Taylor & Francis Group. New York
Rahmawati, M. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kampus. ASSETS, Volume 4 (2). Desember 2014: 225-234
Sugito, H. 2005. Mengukur Kepuasan Pelanggan. (On-line). www.eprints.qut.du/achieve/0003941/-01/3491/pdf. Diakses 7 Maret 2016
Srinadi, I Gusti Ayu Made dan Desak Putu Eka Nilakusmawati. 2008. Faktor-faktor penentu kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan fakultas sebagai lembaga pendidikan (Studi kasus FMIPA Universitas Udayana). Cakrawala Pendidikan Tahun XXVII No. 3. Denpasar
Sangadji, Mamang,dkk. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)