Importance-Performance Analysis Sebagai Alat Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I G. A. Ayu Wulandari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.13652

Keywords:

Kepuasan, Importance Performance Analysis, Pelayanan Akademik

Abstract

Keberhasilan lembaga penyelenggara pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan yang dapat diukur melalui kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengukur  tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 2) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 3) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus tetap dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 4) apakah layanan yang diterima mahasiswa sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dimensi yang digunakan menyusun istrumen merupakan dimensi-dimensi yang menentukan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: 1) bukti langsung (tangible), 2) keandalan (Reability), 3) daya tanggap (Responsiveness), 4) jaminan (Assurance), dan 5) Empati (Emphaty). Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel berjumlah 321 responden yang diambil secara proporsional berdasarkan jumlah mahasiswa setiap jurusan. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, dilanjutkan dengan importance-performance analysis untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik secara umum adalah cukup baik dengan persentase tingkat kepuasan sebesar 68,97%. Hasil Importance-Performance Analysis menunjukkan terdapat 6 indikator pelayanan yang harus mendapat prioritas peningkatan dan 3 indikator pelayanan yang harus dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa.

References

Francisco J. Miranda, Antonio Chamorro, Luis R. Murillo, Juan Vega. 2010. An Importance-Perfomance Analysis of Primary Health Care Services: Managers Vs Patients Perceptions. Journal Service Science & Management. Vol 3 227-234

Handayani, R, Yermias T. K., & Ratminto. (2003). Analisis kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan nasional provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Sosiosains, vol 17(2), April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM, Yogyakarta.

Kotler, P. 2000. Marketing Management, Millenium Edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Oliver, Richard L. 2010. Satisfaction : A Behavioral Perspective on the consumer. Routledge: Taylor & Francis Group. New York

Rahmawati, M. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kampus. ASSETS, Volume 4 (2). Desember 2014: 225-234

Sugito, H. 2005. Mengukur Kepuasan Pelanggan. (On-line). www.eprints.qut.du/achieve/0003941/-01/3491/pdf. Diakses 7 Maret 2016

Srinadi, I Gusti Ayu Made dan Desak Putu Eka Nilakusmawati. 2008. Faktor-faktor penentu kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan fakultas sebagai lembaga pendidikan (Studi kasus FMIPA Universitas Udayana). Cakrawala Pendidikan Tahun XXVII No. 3. Denpasar

Sangadji, Mamang,dkk. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Bandung

Downloads

Published

2017-12-18

How to Cite

Sastra Agustika, G. N., Ayu Wulandari, I. G. A., & Jayanta, I. N. L. (2017). Importance-Performance Analysis Sebagai Alat Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha). Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 300–305. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.13652

Issue

Section

Articles