EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PERKUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Rina Noviandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.2353

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling behavioral dengan teknik perkuatan positif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Lab Undiksha Singaraja. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Lab Undiksha Singaraja. Untuk mengumpulkan data digunakan metode kuesioner. Metode analisis dengan univariat dan statistik parametrik yang menggunakan SPSS 16.0. Berdasarkan nilai thitung pada output SPSS 16.0 menunjukkan angka -61.237 dengan df = 3, maka untuk ttabel = 3,182 di dapat dari df dengan taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan disiplin belajar pada kelompok kontrol. Efektivitas konseling behavioral dengan teknik perkuatan positif terlihat dari jumlah selisih pre-test dan post-tes kelompok eksperimen dengan persentase pencapaian disiplin belajar siswa yaitu 58% yang tergolong disiplin belajar sedang. Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan disiplin belajar. Bagi guru pembimbing (konselor) pada sekolah diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu acuan atau pedoman maupun alternatif dalam memberikan layanan konseling bagi peserta didik sebagai salah satu usaha Dari hasil ini disarankan kepada guru BK agar menjadikan konseling behavioral dengan teknik perkuatan positif sebagai alternatif peningkatan disiplin belajar siswa yang rendah sehingga dapat menghasilkan perubahan yang lebih efektif.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Perkuatan Positif, Disiplin Belajar

This experimental study is aimed to know the effectiveness of behavioral counseling service with positive reinforcement to improve students’ discipline learning in class VIII SMP Lab UndikshaSingaraja. The subjects of study was students in class VIII SMP Lab UndikshaSingaraja. Questionnaires method was used to collect the data. Univariat analysis method and parametric statistic with SPSS 16. Based on Tscore in SPSS 16.0 output as 61.237 with df=3, So, we can conclude that the improvement of disciplinelearning in control group. The effectiveness of behavioral counseling with positive reinforcement technique shows from the improvement score form Pre-test to Post-test of experimental group with the gain percentage of students’ discipline learning as 58%, it’s categorized as mid-discipline learning. Hopefully this study can help the students in order to improve their discipline learning. For the counselor, the result of this study can be the references or alternative in giving counseling service to students. For the BK teacher/consoling servicer, they can use behavioral technique with positive reinforcement as alternative way to improve the students’ lower discipline learning and to be effective improvement.
keyword : Behavioral Counseling, Positive reinforcing, Learning disciplines

Published

2014-02-24