Pengembangan Instrumen Skala Disiplin Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Nadiya Arofah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Tirka Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.29175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur dari instrument skala disiplin belajar sebagai penguji kelayakan untuk menghasilkan instrument yang di kategorikan valid serta reliabel untuk mengukur tingkat disiplin belajar pada siswa. Metode pada penelitian ini menggunakan Research and Develophment (R&D) untuk mendapatkan hasil produk dan sebagai uji coba sehingga dapat mengetahui layak dan tidaknya suatu produk. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yang disebut dengan model 4D yang kemudian di modifikasi menjadi 3D yaitu diantaranya define, design, dan develop.  Adapun subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima judges yaitu tiga Dosen Bimbingan Konseling, dan dua Guru Bimbingan Konseling. Hasil dari analisis data, berdasarkan hasil dari uji validitas instrument disiplin belajar pada siswa sebesar 0,88 termasuk dalam kategori valid, sedangkan hasil dari uji reliabilitas instrument disiplin belajar pada siswa sebesar 1,04 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sehingga hasil dari instrument ini  dapat di kategorikan layak sebagai alat ukur instrument skala disiplin belajar pada siswa SMP.

Author Biographies

Nadiya Arofah, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan dan Konseling

Nyoman Dantes, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan dan Konseling

Wayan Tirka, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan dan Konseling

Downloads

Published

2020-12-31